Istri Kim Jong-un Tampil Depan Publik Setelah 9 Bulan 'Hilang'

Istri Kim Jong-un Tampil Depan Publik Setelah 9 Bulan 'Hilang'

Istri Kim Jong-un tampil di depan publik setelah 9 bulan 'Hilang'. (foto - ist)

Pyongyang - Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Ri Sol-ju kembali tampil di muka umum setelah sembilan bulan 'menghilang'. Bersama sang suami, Sol-ju hadir dalam sebuah atraksi latihan tempur yang dilakukan oleh Angkatan Udara dan Pertahanan Korut (KPAF).
 
Seperti dikutip dari Sputniknews, Senin (5/12/ 2016) ini adalah penampilan publik pertama Sol-ju, setelah absen selama sembilan bulan. Terakhir ia terlihat menghadiri sebuah acara publik bersama Jong-un pada 28 Maret lalu.
 
Berdasarkan rumor yang beredar, ia tengah hamil. Menurut Toshimitsu Shigemura, guru besar Universitas Waseda Tokyo yang mempelajari gaya kepemimpinan Pyongyang mengatakan, ketidakstabilan di negeri paling tertutup itulah yang membuat Sol-ju terpaksa disembunyikan.
 
"Ada laporan mengenai ketidakstabilan di Pyongyang. Bahkan, beberapa percobaan serangan oleh faksi militer di tubuh Angkatan Bersenjata Korea Utara untuk melawan Kim tahun lalu. Kemungkinan Ri tidak muncul ke publik, karena dalam penjagaan ketat," kata Shigemura.
 
Namun demikian, penampilan Jong-un dan Sol-ju di depan publik bersama-sama lebih sering ketimbang pendahulunya. Pada masa pemerintahan Kim Jong-Il dan Kim Il-sung, keduanya menyimpan rapat-rapat istrinya dari mata publik.
 
Pada penampilan KPAF, AU Korea Utara menampilkan kecakapan taktis tingkat tinggi dan kemampuan, untuk mengalahkan semua musuh dalam lingkungan tempur nyata. Jong-un mengatakan, pentingnya siap siaga untuk menyerang musuh setiap saat jika perintah diberikan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,