Percayakah Bumi Berbentuk Bulat, Simak Pendapat Dubay

Percayakah Bumi Berbentuk Bulat, Simak Pendapat Dubay

Percayakah Bumi Berbentuk Bulat, Simak Pendapat Dubay. (foto -ist)

Washington DC - Masih yakinkah bahwa Bumi ini berbentuk bulat? Coba baca buku karya Eric Dubay. Penulis ini mengajukan sejumlah bukti untuk meyakinkan orang, jika planet yang kita tinggali ini ternyata datar.

Dikutip dari Metro.co.uk, belum lama ini pemikiran Dubay dituliskan dalam buku "The Atlantean Conspiracy: 200 Proofs The Earth Is Not A Spinning Ball”. Dalam bukunya ia menuding, Bumi bulat merupakan bentuk konspirasi terbesar sepanjang masa.

Ia berpendapat, NASA dan astronomi modern mempertahankan pendapat bahwa Bulan itu padat dan berbentuk bulat. Pendapat sama juga dipakai untuk mempertahankan teori, bahwa manusia hidup dan menjejakkan kaki di atas Bumi yang melayang.

"Mereka mengklaim Bulan merupakan benda langit yang tak bercahaya dan memantulkan sinar Matahari,” kata Dubay.  Kenyataannya, bagaimanapun juga Bulan bukan sesuatu yang padat, ini jelas-jelas sebuah lingkaran. Perdebatan soal bentuk Bumi pun sudah terjadi sejak dulu. 

Banyak kebudayaan meyakini, Bumi berbentuk datar, seperti budaya Babilonia kuno, India, Cina dan Jepang kuno. Begitu pula dengan periode awal Mesir dan Mesopotamia, yang menggambarkan Bumi sebagai piringan datar yang mengambang di laut. Beberapa filsuf sebelum Socrates juga percaya bahwa Bumi itu datar.

Pada abad ke-6 SM, kembali muncul kosep Bumi yang bulat di beberapa kebudayaan. Di Yunani, pendapat ini dikemukakan oleh Pythagoras.

Bukti yang dipakai Dubay untuk mendukung pendapatnya Bumi berbentuk datar? 

1. Menurutnya, horizon selalu terlihat datar, kecuali gambar-gambar yang dikeluarkan oleh NASA dan pemerintah berbagai negara, yang menurutnya palsu. Inilah yang dia sebut sebagai konspirasi global.

2. Kita tidak pernah melihat ke bawah untuk melihat horizon. Jika Bumi bulat, maka manusia harus menunduk untuk melihat cakrawala.

3. Jika Bumi benar-benar bulat dan meluncur melalui ruang, maka air akan bergoyang-goyang di semua tempat, bukannya diam dan datar.

4. Jika Bumi benar-benar bulat, aliran sungai seperti Mississipi akan berbalik dan tidak akan sampai ke laut.

5. Jika Bumi benar-benar bulat dan berputar, helikopter akan bisa melayang di tempat dan menunggu untuk sampai ke tujuan mereka.

6. Jalur kereta api dari London ke Liverpool memiliki panjang 180 mil. Jika Bumi benar-benar bulat, maka jalur itu memiliki ketinggian 5.400 kaki di atas Birmingham.

7. Jika bumi benar-benar bulat, pilot maskapai harus terus menyesuaikan kontrol mereka agar tidak terbang ke ruang angkasa.

8. Jika benar-benar ada miliaran bintang di langit pada malam hari --kelompok yang menganggap Bumi datar menolak pemikiran ini--, maka seluruh langit akan penuh cahaya.

9. Jika Bumi terus-menerus berputar, pesawat tidak akan bisa mencapai tujuan mereka karena melawan angin dengan kecepatan 500 mil per jam atau 804 kilometer per jam.

10. Jika Bumi benar-benar berputar, peluru yang ditembakkan ke atas akan mendarat ratusan kaki di sebelah barat mereka. Demikian pemikiran Dubay, kenyataannya tidak demikian. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,