Badan Pesawat Skytruck Ditemukan di Kedalaman 30 Meter

Badan Pesawat Skytruck Ditemukan di Kedalaman 30 Meter

Tim SAR gabungan temukan serpihan badan pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor Register P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. (foto - Mabes Polri)

Jakarta - Serpihan badan pesawat milik Polri M-28 Skytruck dengan nomor Register P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga Kepulauan Riau, berhasil diketemukan Tim SAR gabungan. 

Tim gabungan berhasil menemukan sedikitnya empat bagian atau potongan dari badan pesawat. Antara lain tangga pesawat, serpihan badan pesawat sepanjang sekitar satu meter, sejumlah kabel dan beberapa peralatan pesawat lainnya pada kedalaman laut berkisar 25 meter hingga 30 meter.

"Para penyelam yang diterjunkan operasi telah berupaya optimal sampai kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIB dan kemudian dihentikan," kata Kepala Bagian Penerangan Divisi Hubungan Masyarakat Polri Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul di Mabes Polri Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Sejumlah barang temuan itu telah dievakuasi ke Posko Selayang, Kepulauan Riau. Tim SAR gabungan masih melanjutkan pencarian hari ini, khususnya terhadap para korban. "Untuk temuan korban memang nihil," kata mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu.

Sementara itu, Humas Basarnas Marsudi sebelumya menyatakan, pencarian juga dibantu dengan tim penyelam. "Hari ini penyelaman lagi di lokasi," katanya. Ada tiga tim penyelam yang disiapkan. Setiap tim terdiri atas 4 orang penyelam.

Sejauh ini, ekor pesawat memang belum diangkat dari dasar laut. Kabasarnas Marsdya FH Bambang Soelistyo sebelumnya mengatakan, pihaknya menemukan bagian badan pesawat sepanjang 3 meter di kedalaman 24 meter di bawah laut.

Martinus menambahkan, pencarian itu cukup mengalami kendala karena arus bawah laut sangat deras dan pergerakan benda di dasar laut cukup cepat menyebar ke tempat lebih luas. "Diupayakan pencarian melebar dan menyebar, dengan membuat titik koordinat yang beruapaya bisa menemukan barang yang hilang dan khususnya tentu menemukan korban penumpang dan kru pesawat," katanya.

Seperti diketahui, pesawat Polri Skytruck tipe M-28 dengan nomor Registrasi P4201 itu berangkat dari Pangkalpinang menuju Batam pada pukul 09.24 WIB, Sabtu, 3 Desember 2016. Pesawat itu diperkirakan tiba di tujuan pada pukul 10.58 WIB. Namun pesawat itu hilang kontak sebelum tiba di tujuan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,