Pemimpin ASEAN Bahas Pembentukan Masyarakat Ekonomi

Pemimpin ASEAN Bahas Pembentukan Masyarakat Ekonomi

Presiden RI Joko Widodo (kiri) dan Ibu Negara Ny. Iriana Widodo (kedua kiri) berfoto bersama dengan para kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara ASEAN lainnya

Nay Pyi Taw - Pemimpin Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berkumpul di Nay Pyi Taw, Rabu (12/11/2014), untuk membahas pembentukan masyarakat ekonomi ASEAN pada akhir 2015 dan memetakan rencana pembangunan masa depan.

Itu pertama kali Myanmar mengambil alih ketua bergilir ASEAN sejak bergabung dengan kelompok kawasan tersebut pada 1997.

KTT ini diharapkan dapat menyetujui deklarasi visi pasca-2015 Masyarakat ASEAN, yang akan berfungsi sebagai dasar bagi peta-jalan yang komprehensif setelah tahun 2015 untuk blok tahun depan.

"Kepemimpinan Myanmar telah menetapkan panggung untuk visi pasca-2015 Masyarakat ASEAN serta bekerja untuk meninjau dan memperkuat lembaga-lembaga ASEAN," kata Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh.

Pertemuan dua hari juga termasuk pertemuan-pertemuan dengan para pemimpin dari Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, India, Selandia Baru, Australia, Amerika Serikat dan Rusia.

ASEAN didirikan pada 1967, dengan anggota kelompok menjadi 10 negara yang terdiri Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. (AY)

.

Categories:Internasional,