Kounotori 6 Diluncurkan untuk Pasok Logistik Astronot Jepang

Kounotori 6 Diluncurkan untuk Pasok Logistik Astronot Jepang

Kounotori 6 diluncurkan di Tanegashima Space Center di selatan Jepang untuk memasok logistik astronot Jepang. (foto - ist)

Tokyo - Badan Antariksa Jepang (JAXA) berhasil meluncurkan Roket Kounotori 6 pada Senin lalu waktu setempat. Roket tersebut berisi keperluan logistik untuk keperluan para astronot di ISS. 
 
Dilaporkan laman resmi NASA, roket tersebut membawa keperluan logistik seberat 4,5 ton, yang terdiri atas makanan, air dan berbagai suku cadang pendukung. Peluncuran roket itu sendiri dilakukan di Tanegashima Space Center di selatan Jepang. 
 
Disebutkan, Roket Kounotori 6 juga membawa komponen elektronik penting. Misalnya, enam baterai lithium ion dan piringan adapter. Komponen tersebut akan digunakan untuk menggantikan baterai berbahan hidorgen di ISS. 
 
Kounotori 6 direncanakan tiba di ISS pada  Selasa 13 Desember 2016. Sebelum mendarat, roket tersebut akan ditangkap oleh lengan robotik milik ISS bernama Canadarm2. Peluncuran Kounotori 6 tidak terlepas dari insiden roket Rusia beberapa pekan sebelumnya. 
 
Diketahui, pesawat ruang angkasa Rusia yang seharusnya mengangkut semua keperluan astronot ISS terbakar, beberapa menit setelah lepas landas. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,