Jembatan Terancam Ambruk Bahu Jalan Tol Cipali Amblas

Jembatan Terancam Ambruk Bahu Jalan Tol Cipali Amblas

Jembatan di Jalan Tol Cipali di wilayah Purwakarta terancam ambruk menyusul bahu jalan di Km 79 amblas. (foto - mederka.com)

Purwakarta - Bahu jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) amblas di Kilometer 79, tepatnya di wilayah Kampung Citenjo Desa Cimahi Kecamatan Cempaka Kabupaten Purwakarta. Bahu Jalan tol di titik itu amblas sepanjang lima meter, dengan kedalaman di atas 10 meter.

Amblasnya jalan Tol Cipali di Km 79 tersebut terjadi sejak Kamis (15/12/2016) malam. Sebelum peristiwa terjadi, wilayah itu diguyur hujan deras yang terjadi setiap hari. Kondisi itu juga diperparah oleh adanya aliran sungai di wilayah itu hingga mengakibatkan pergerakan tanah.

Amblasnya badan jalan di Km 79 itu juga mengancam jembatan Tol Cipali yang ada di titik tersebut, terancam ambruk dan terputus. Kondisi itu akibat tanah di bawah jembatan sudah mengalami longsor dan menggerus tiang penopang dan badan jalan Tol.

Sementara itu, pihak pekerja pemeliharaan jalan Tol Cipali PT. Lintas Marga Sedaya (LMS), Jumat (16/12/2016) menyatakan, amblesnya jalan disebabkan kondisi jalan memang belum padat. "Pertama karena hujan terus menerus, ditambah karena kondisi tanah yang belum padat," sebutnya.

Sebagai bentuk antisipasi, pihak Tol Cipali saat ini baru melakukan penyempitan jalur dan menutup bahu jalan yang amblas. Namun demikian, belum ada keterangan dari pihak PT LMS selaku pengelola jalan Tol penghubung Purwakarta - Cirebon tersebut. 

Selain di Km 79 tepatnya di wilayah Purwakarta, badan jalan Tol Cipali juga amblas yang terjadi di tiga titik di wilayah Subang, masing - masing Km 93, 85 serta Km 106.

Sebelumnya, tepatnya pada Juni 2016 bahu jalan Tol Cipali ini juga amblas, tepatnya terjadi di Km 103.400 jalur B arah Cirebon-Jakarta di Wilayah Dawuan Kabupaten Subang. Sehari sebelumnya bagian yang ambles itu baru selesai diperbaiki dan siap digunakan.  Akibatnya, jalur jalan di sekitar lokasi hanya bisa digunakan satu lajur, dan satu lajur lagi ditutup untuk sementara guna perbaikan.

Berdasarkan informasi, bagian bahu jalan tol itu amblas untuk keduakalinya. Bagian yang amblas diperkirakan mencapai kedalaman sekitar 10 sentimeter sepanjang 20 meter. Sehari sebelum ambles keduakalinya, bagian bahu jalan itu baru selesai diperbaiki, dan siap digunakan setelah amblas beberapa waktu lalu.

Perbaikan selesai dan di bagian lokasi yang amblas pertama kali telah dipasang sebanyak 48 tiang pancang, sebagai penahan agar tidak amblas lagi. Namun setelah wilayah SUbang itu diguyur hujan deras, maka bahu jalan itu kembali amblas di lokasi yang sama. (Jr.)**

 

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,