Wilayah Papua Nugini Diguncang Gempa Berskala 7,9 SR

Wilayah Papua Nugini Diguncang Gempa Berskala 7,9 SR

Wilayah Papua Nugini Diguncang Gempa Berskala 7,9 SR, peringatan tsunami telah dibatalkan. (foto - twitter.com/infobmkg)

Jakarta - Wilayah Papua Nugini diguncang gempa berkekuatan 7,9 pada skala Richter (SR), Sabtu malam pukul 19.51 WIT. Pusat gempa di negara wilayah Pasifik itu berada sekitar 46 kilometer area perairan di timur Taron. 

Seperti dikutip dari USAToday, Sabtu  (17/12/2016) pusat gempa berada di kedalaman 103 kilometer. Pasific Tsunami Warning Center menyatakan, gempa besar itu bisa berpotensi menimbulkan tsunami di Papua Nugini dan wilayah terdekatnya. 

Sementara laman CNN menuliskan, Pasific Tsunami Warning Center kemungkinan tsunami bisa melanda Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Indonesia, Nauru, Kosrae dan Vanautu.  Atas munculnya gempa tersebut, Pemerintah Selandia Baru juga mengeluarkan peringatan tsunami. 

"Saat ini belum ada evakuasi. Namun bagaimanapun, tolong tetap menjauh dari pantai menyusul peringatan ancaman tsunami malam ini," tulis Kementerian Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat Selandia Baru lewat akun Twitternya. Namun demikian, 20 menit setelah pengumuman ancaman potensi tsunami tersebut, kementerian itu mengatakan peringatan dini tsunami telah dibatalkan.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura menyatakan, tsunami yang terjadi usai gempa bumi dengan kekuatan 7,9 SR yang menggoncang New Ireland Region, Papua Nugini tidak berdampak ke Indonesia.

Berdasarkan hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG, tsunami Papua Nugini tidak sampai ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat. Mereka berharap agar masyarakat di Papua dan Papua Barat tetap tenang dan tidak perlu dievakuasi, serta terus mengikuti arahan dari BMKG dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Bagi masyarakat khususnya di daerah pesisir Papua dan Papua Barat, diimbau tidak terpancing isu karena tsunami yang terjadi tidak berdampak di Indonesia," tulis keterangan BMKG.

Pasific Tsunami Warning Center (PTWC) menyatakan, pada pukul 21.25 WIT telah terjadi tsunami di Tarekukure, Papua Nugini setinggi 8 centimeter setelah gempa.

Reuters pun melaporkan, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan, pusat gempa terjadi di kedalaman 73 kilometer dari permukaan laut. Wilayah yang berpotensi terkena imbas tsunami tidak hanya di pantai Papua Nugini, tapi juga pantai Indonesia, Kepulauan Solomon, Pohnpei, Chuuk, Nauru, Kosrea dan Vanuatu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,