Jabar Harus Miliki Lumbung Pangan

Jabar Harus Miliki Lumbung Pangan

Jabar Harus Miliki Lumbung Pangan

Bandung - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Irianto MS Syafiudin mengharapkan setiap kota/kabupaten di Jabar memiliki lumbung pangan dari hasil pertanian masing-masing daerah sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan dalam provinsi.

"Untuk menjaga ketahanan pangan kita, saya kira harus ada lumbung pangan setiap kota/kabupaten," kata Irianto yang akrab disapa Yance kepada wartawan di Bandung, Rabu (12/11/2014).

Ia menuturkan, pemerintah kota/kabupaten dapat menyiapkan tempat atau gudang, misalkan untuk penyimpanan beras dari sisa kelebihan kebutuhan beras lokal.

Selanjutnya, pemerintah daerah, kata Yance, Pemerintah Provinsi Jabar membuat suatu perusahaan daerah yang mengakomodasi kebutuhan pangan di daerah.

"Pemprov harus mempersiapkan masing-masing perusahaan daerah yang mengakomodir kepentingan pangan," kata mantan Bupati Indramayu dua periode itu.

Ia menjelaskan, fungsi perusahaan daerah yaitu jika suatu daerah di Jabar tidak memiliki sawah, maka akan dipasok kebutuhan berasnya melalui kerjasama dengan daerah lain yang mempunyai stok beras melimpah.

"Misalnya Kota Bandung tidak punya sawah, kerjasama antarperusahaan daerah dengan Indramayu atau Subang yang memiliki stok beras," katanya.

Menurut dia, keberadaan perusahaan daerah memiliki manfaat lain seperti dapat menstabilkan harga pangan di Jabar.

"Bagaimanapun adanya perusahaan daerah harganya akan stabil tidak akan terjadi penurunan," katanya.

Setelah terpenuhi kebutuhan pangan dalam provinsi, lanjutnya, maka perusahaan daerah itu dapat menjualnya ke daerah lain.

Bahkan, menurut dia, jika kota/kabupaten memiliki lumbung pangan dan perusahaan daerah tersebut dipastikan tidak akan ketergantungan pangan impor.

"Nanti kita tidak ribut masalah Jabar impor beras, justru nanti berapa kebutuhan beras di sini dapat diantisipasi di lingkungan internal provinsi, jadi tidak lagi tersangkut masalah nasional," kata Ketua DPD Golkar Jabar itu. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:jabar,