Emil Siapkan 4 Miliar untuk Operasional Tim Saber Pungli

Emil Siapkan 4 Miliar untuk Operasional Tim Saber Pungli

Walikota Bandung Ridwan Kamil resmikan Tim Saber Pungli Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Jumat (23/12/2016). (foto - ist)

Bandung - Tim Saber Pungli Kota Bandung yang diketuai Wakapolrestabes Bandung di Pendopo Kota Bandung diresmikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, Jumat (23/12/2016). Dengan hadirnya tim ini diharapkan bisa memberantas praktik pungutan liar (pungli) yang selama ini banyak dilaporkan masyarakat.

"Hari ini Kota Bandung membentuk tim saber pungli agar praktik-praktik negatif bisa diberantas. Saya menitipkan kita bekerja harus lebih cerdas dengan melakukan pembinaan secara psikologis, melakukan penindakan secara hukum dan mengubah peraturan," kata Emil.

Nantinya tim saber pungli tidak hanya memantau kegiatan di Pemerintah Kota Bandung, tetapi hingga Bandara, Pelabuhan, Terminal dan Stasiun. Anggaran untuk operasional tim saber itu mencapai Rp 3 miliar hingga Rp 4 miliar.

"Sedang diperjuangkan. Targetnya jangan hanya kasus besar, tapi yang kecil-kecil juga harus diungkap, sehingga pesan psikologisnya tidak ada celah maupun kecil atau besar, semua diharapkan bisa ditindak oleh tim saber ini," tegasnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo menyatakan pihaknya bakal memberikan seluruh kemampuan untuk memberantas pungli di Kota Bandung. 

"Kita tentunya mendukung tim saber pungli sudah dilantik, kita mulai melakukan pemetaan. Titik mana yang adanya peluang terjadinya pungli di semua lini. Fungsinya ada dari fungsi intelejen, kemudian, pencegahan, penindakan, maupun yustisi itu akan kita lakukan," kata Emil.

"Tentunya titik sudah ada. Sudah melakukan permintaan, titiknya sedang lidik tentunya tidak bisa dipublikasikan. Tim saber pungli yang akan beraksi. Kita akan memberikan support dan akan melakukan evaluasi kembali," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,