Pembajakan Afriqiyah Berakhir Semua Penumpang Selamat

Pembajakan Afriqiyah Berakhir Semua Penumpang Selamat

Drama pembajakan pesawat Afriqiyah milik maskapai Libya berakhir, seluruh penumpang selamat. (foto - Reuters)

Valetta - Dua orang pembajak maskapai penerbangan Afriqiyah milik Libya akhirnya menyerah, dan langsung diamankan oleh Pasukan Khusus Malta.

Dikutip dari situs Sputniknews, Jumat (23/12/2016) tampak salah seorang pembajak diborgol, yang dikawal oleh Pasukan Khusus dan Dinas Keamanan Dalam Negeri Malta. 

"Para pembajak telah menyerah. Mereka saat ini sudah diamankan ke dalam mobil tahanan," kata Perdana Menteri Malta, Joseph Muscat lewat unggahan Twitter-nya.

Sementara itu, 93 penumpang termasuk tujuh awak pesawat dan 10 orang asing di dalamnya, dilaporkan selamat tanpa mengalami luka apa pun.

Sebelumnya dilaporkan, pembajak telah membebaskan 25 penumpang termasuk perempuan dan anak-anak. Pesawat Airbus A-320 itu sejatinya hanya melakukan rute penerbangan lokal, yakni dari Sabha di Libya selatan menuju Tripoli.

Ketika dibajak, pesawat kemudian dialihkan ke Malta. Para pembajak mengaku sebagai anggota milisi Al Fatah Al Gadida, pendukung Moammar Ghadafi, presiden Libya terguling pada 2011. Mereka mengancam akan meledakkan pesawat dengan granat.

Mereka juga menuntut pembebasan anak pemimpin lama Libya, Moammar Gaddafi dari penjara dan menuntut negara Eropa untuk memberikan mereka tempat tinggal. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,