Pemprov Jabar Genjot Daya Saing dan Iklim Investasi

Pemprov Jabar Genjot Daya Saing dan Iklim Investasi

Pemprov Jabar Genjot Daya Saing dan Iklim Investasi

Bandung  - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggenjot daya saing dan iklim investasi di daerah melalui percepatan pembenahan modal dasar pembangunan guna mendorong industri kecil menengah dan kemitraan antarindustri.

"Peningkatan daya saing dan iklim investasi sangat vital menjelang pasar ekonomi ASEAN (MEA) 2015, dan kebijakan pemerinth melakukan perceptan pembenahan modal dasar pembangunan," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Rabu (12/11/2014).

Ia menyebutkan pembenahan itu di sektor pasar kerja, fasilitas investasi dan perdagangan, kualitas sumber daya manusia, kesiapan teknologi, infrastruktur dan pembiayaan infrastruktur melalui skema "public private partnership".

Gubernur menyebutkan komitmen meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah serta kemitraan antarindustri, peningkatan produksi dan kualitas industri unggulan.

Industri unggulan itu antara lain industri kreatif, telematika, agro serta industri tekstil dan produk tekstil.

"Jabar mengembangkan kawasan industri manufaktur padat karya di kawasan Jabar bagian timur dan mendorong pencetakan 100 ribu wirausaha baru," katanya.

Heryawan menyebutkan, ketahanan dan pemenuhan pangan Jabar juga menjadi prioritas, salah satunya melalui peningkatan sektor pertanian baik fisik berupa irigasi, jalan dan listrik maupun nonfisik yang terdiri dari penguatan modal manusia, kelembagaan dan komitmen kebijakan.

"Jabar semaksimal mungkin mempertahankan dan menggantikan luas baku lahan sawah yang beralihfungsi lagan dari pertanian ke non pertanian melalui pencetakan sawah baru," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:jabar,