Jelang Misa Natal 13 Gereja Utama di Bandung Disterilisasi

Jelang Misa Natal 13 Gereja Utama di Bandung Disterilisasi

Jelang Misa Natal, sedikitnya 13 gereja utama di Kota Bandung disterilisasi. (foto - ist)

Bandung - Polrestabes Bandung beserta unit Penjinak Bom (Jibom) Polda Jabar menyisir setiap gereja yang bakal digunakan untuk misa malam Natal, Sabtu (24/12/2016).

Unit Jibom mensterilisasi dengan melakukann penyisiran gereja di Kota Bandung, mulai dari bagian luar hingga di dalam gereja. Dengan menggunakan  metal detector, penyisiran juga dilakukan di setiap sudut gereja untuk mengantisipasi hal yag tak diinginkan.

"Ini merupakan langkah protap kami guna mengamanakan perayaan Natal pada setiap tahunnya," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo.

Menurut Hendro, dalam perayaan Natal kali ini pihaknya menyiapkan sekitar 500 personel. Personel tersebut berjaga di setiap gereja yang ada di wilayah Kota Bandung. Sekadar diketahui, di wilayah Kota Bandung sendiri terdapat sekitar 156 gereja.

Namun demikian, dari jumlah tersebut terdapat sekitar 13 yang dikategorikan sebagai gereja utama. Prioritas pengamanan pun dilakukan di 13 gereja tersebut, karena umat yang bakal beribadah di sana mencapai lebih dari 1.000 orang.

"Anggota yang berjaga bersenjata lengkap, dibantu jajaran pengamanan dalam (sekuriti) di setiap gereja. Nantinya setiap orang yang masuk ke tempat beribadah tersebut, bakal diperiksa dalam rangka antisipasi kemungkinan yang bisa terjadi," tegas Hendro.

Ditambahkan, pihaknya juga mengantisipasi potensi kejahatan pada saat perayaan Natal kali ini, mulai dari kejahatan jalanan hingga aksi teror. "Kita sudah punya cara untuk bertindak, paling tidak bisa minimalisir. Namun, kita harapkan tentu tidak ada kejadian kejahatan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,