Situasi Bandung Kondusif, Misa Natal Berlangsung Khidmat

Situasi Bandung Kondusif, Misa Natal Berlangsung Khidmat

Pelaksanaan ibadah misa Natal 2016 di sejumlah gereja di Bandung berjalan khidmat dan kondusif. (foto - ist)

Bandung - Pelaksanaan misa Natal di gereja-gereja di Kota Bandung berjalan kondusif, tanpada ada gangguan keamanan yang berarti. Walikota Bandung Ridwan Kamil pun memantau kegiatan misa Natal di sejumlah gereja, Sabtu (24/12/2016) malam.

"Malam ini saya dengan forum muspida hadir di beberapa gereja untuk memastikan keamanan, bahwa ibadah Natal umat Kristiani warga Bandung tidak ada kendala apa pun. Pak Gubernur juga sama bersama muspida provinsi monitor di mana-mana aman terkendali, lancar dan tidak ada kekurangan apa pun," kata Ridwan Kamil. 

Emil pun menyempatkan diri untuk menyapa ribuan jemaah yang hadir di Gereja Kristen Indonesia Van de Venter di Jalan Van de Venter dan di Gereja Paroki Santa Perawan Maria Sapta Kedukaan (SPMSK) di Jalan Pandu. Kepada para peserta Misa Natal, Emil meminta umat Kristiani mendoakan agar Indonesia tetap damai dan kondusif.

"Kita harapkan Bandung semakin kondusif, makin toleran, makin baik, Indonesia makin damai. Kita doakan negeri ini damai, kalau ada perbedaan kita doakan baik-baik. Kalau ada kekurangan kita diskusikan secara baik-baik. Kuncinya saling menghargai perbedaan, saling menghargai keyakinan, perlebar toleransi karena itu negara yang kita impikan," tegas Emil. 

Sementara itu, sejumlah unsur Muspida Provinsi Jawa Barat memantau keamanan rangkaian perayaan Natal 2016 ke sejumlah gereja di Kota Bandung. Misa Natal di gereja berjalan dengan khidmat, tanpa ada gangguan yang berarti.

Pemantauan dilakukan bersama, antara lain Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan, Pangdam III/Siliwangi Herindra, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kasatpol PP Jawa Barat Udjwalaprana Sigit, Kapolrestabes Bandung Hendro Pandowo.

Rombongan bergerak dari Mapolrestabes Bandung dengan berjalan kaki menuju Gereja Katedral di Jalan Merdeka. Mereka sempat berbincang dengan sejumlah tokoh agama, antara lain Romo Leo Van Beurden. Dipastikan, bagaimana kelancaran kegiatan Natal di gereja tersebut. "Bandung pasti aman," kata Heryawan.

Di gereja tersebut, rangkaian misa Natal dibagi ke dalam empat sesi. Sesi pertama pukul 15.40 WIB, sesi kedua pukul 18.00 WIB, sesi ketiga pukul 21.00 WIB dan sesi terakhir pukul 24.00 WIB. Rombongan pun memantau pelaksanaan misa Natal di GKI Cikapayang.

Sebelumnya, pemantauan keamanan sudah dilakukan di 165 gereja di Kota Bandung. Selain menempatkan personel, tim penjinak bom dari Polda Jabar juga melakukan penyisiran di 13 gereja, yang digunakan untuk rangkaian kegiatan Natal. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,