92 Penumpang Pesawat Rusia Jatuh di Laut Hitam Tewas

92 Penumpang Pesawat Rusia Jatuh di Laut Hitam Tewas

Anggota Kementerian Darurat Rusia di Laut Hitam dekat lokasi jatuhnya pesawat militer Rusia Tu-154 di pinggiran Kota Sochi, Rusia. (foto - Reuters)

Sochi - Sejauh ini tim penyelamat tidak menemukan tanda-tanda ada korban yang selamat ketika mengumpulkan puing pesawat milite Tu-154 milik Rusia, yang jatuh di Laut Hitam. Pesawat berpenumpang 92 orang itu (sebelumnya dilaporkan 91) berangkat dari Kota Sochi menuju Latakia, Suriah.

Dilansir Koran the Washington Post, Minggu (25/122016) pesawat hilang dari radar ketika mengudara di atas Laut Hitam beberapa menit setelah lepas landas. Pesawat yang membawa rombongan paduan suara militer dan sembilan jurnalis itu berangkat pukul 05.20 waktu setempat.

"Lokasi jatuhnya pesawat sudah ditemukan. Tidak ada korban selamat yang terlihat," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Igor Konashenkov.

Dalam siaran televisi, Presiden Vladimir Putin ketika berada di Kota St Petersburg menyampaikan rasa bela sungkawa kepada keluarga korban, dan mengumumkan tanggal 26 Desember sebagai hari berkabung nasional. Ketua Komisi Pertahanan Viktor Ozerov di parlemen Rusia menyangkal, ada dugaan terorisme dalam kejadian ini.

Sementara itu Reuters melaporkan, Kementerian Pertahanan Rusia telah menyatakan tim penyelamat telah menemukan puing pesawat sekitar 1,5 kilometer dari pantai Rusia, di kedalaman 50-70 meter.

Kantor Berita Rusia, RIA News Agency menyebutkan, ada indikasi berdasarkan data pendahuluan bahwa pesawat itu jatuh karena adanya kesalahan teknis atau pilot.

Meski begitu, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan, masih terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab kecelakaan pesawat itu. Ia pun menyebutkan, Presiden Vladimir Putin terus mendapatkan informasi mengenai perkembangan kecelakaan ini.

Kementerian Pertahanan Rusia memang rutin mengirimkan musisi ke Suriah untuk menggelar pertunjukan untuk personel militer mereka. Pangkalan militer yang dituju paduan suara ini, yaitu Hmeymim berada di Provinsi Latakia Suriah. Lokasi ini menjadi pangkalan pesawat tempur Rusia untuk melancarkan serangan udaradi Suriah. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,