Kelompok Jatiluhur Diduga Beraksi di Malam Tahun Baru

Kelompok Jatiluhur Diduga Beraksi di Malam Tahun Baru

Semarak kemeriahan suasana malam pergantian tahun tak seharusnya terusik oleh aksi teroris. (foto - ilustrasi)

Bandung - Pihak kepolisian menduga kelompok teroris yang ditangkap di Waduk Jatiluhur Purwakarta, sudah menyiapkan skenario untuk melakukan aksinya pada perayaan malam pergantian tahun.

Namun sebelum aksi itu sempat dijalankan, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri berhasil menangkap dua terduga teroris berinisial I dan R, serta menembak mati dua terduga teroris lainnya bernama Abu Sofi dan Abu Fais.

"Ada dugaan kelompok di Jatiluhur ini akan beraksi di malam tahun baru," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Yusri Yunus, Minggu (25/12/2016). I dan R langsung dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif.

Hal itu penting untuk mengetahui target serta perkembangan jaringan mereka. "Yang dua masih diperiksa. Kita juga masih tunggu sama-sama, karena memang Polda Jabar membutuhkan informasi koordinasi dari Densus, dan apa targetnya di Jabar kita masih tunggu," kata Yusri, seperti dilaporkan tvOne.

Sebab, jika benar dugaan polisi mengenai rencana aksi di malam pergantian tahun, maka waktunya tinggal beberapa hari lagi. Selain itu, informasi mereka akan menjadi bahan yang berharga untuk menyiapkan langkah antisipasi.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan menyatakan, ketika melakukan penggerebekan polisi menemukan sejumlah barang bukti. Antara lain berupa beberapa golok dan surat yang menyatakan mau jadi 'pengantin'.

Surat tersebut dari Daulah Islamiyah. Ia juga menyatakan, dua terduga teroris yang tewas karena melakukan perlawanan. "Ini juga menyulitkan kami. Ketika kami minta, mereka malah menyerang petugas. Yang tidak menyerang selamat," ujarnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,