Gempa 7,7 SR Guncang Cile, Picu Peringatan Tsunami

Gempa 7,7 SR Guncang Cile, Picu Peringatan Tsunami

Gempa berkekuatan 7,7 SR hantam Cile yang memicu peringatan tsunami.

Santiago - Wilayah selatan Cile diguncang gempa berkekuatan 7,7 pada skala Richter (SR), yang memicu peringatan tsunami ke wilayah hingga radius 1.000 kilometer dari pusat gempa.

Kantor Bencana Nasional Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan Publik Cile (Onemi) memperingatkan, warga yang tinggal di daerah pantai untuk segera mengungsi.

Seperti dilaporkan Russia Today, Minggu (25/12/2016), Survey Geologi Amerika Serikat (ISGS) mencatat, pusat gempa terjadi pada kedalaman 15 kilometer di 225 kilometer barat daya Puerto Montt, Cile pada Minggu, 25 Desember 2016. 

Berdasarkan pesan dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, tsunami diprediksi terjadi di beberapa pantai, dengan ketinggian diperkirakan mencapai 3 meter di atas tingkat ombak.

Komite operasi darurat telah dibentuk di Cile, dan perkiraan waktu kedatangan tsunami tersebut telah diinformasikan oleh petugas berwenang. Onemi menyarankan warga di daerah Biobio, Los Rios dan Aysen untuk segera melakukan evakuasi. Sampai sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat gempa tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,