Buntut Wings Air Tergelincir Enam Penumpang Terluka

Buntut Wings Air Tergelincir Enam Penumpang Terluka

Evakuasi pesawat Wings Air yang tergelincir di Bandara Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah. (foto - ist)

Semarang - Otoritas Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Jawa Tengah menyatakan, sedikitnya enam penumpang mengalami luka-luka akibat tergelincirnya pesawat Wings Air bernomor penerbangan 1896 di runway bandara.

"Dari 68 penumpang terdiri atas 62 orang dewasa, enam anak-anak dan empat kru, seluruhnya selamat. Memang ada enam penumpang mengalami luka," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang Priyo Jatmoko, Senin (26/12/2016).

Menurut Priyo, untuk korban luka telah dievakuasi dengan menggunakan ambulans dan beberapa mobil operasional bandara. Mereka langsung ditangani pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan. "Minggu malam langsung diizinkan pulang, " katanya.

Sementara itu, proses evakuasi terhadap badan pesawat dinyatakan selesai pagi tadi, setelah berlangsung selama empat jam. Proses evakuasi berlangsung cukup lama, antara pukul 02.30 sampai 06.15 WIB. Meski begitu, kondisi terkini bandara sudah berlangsung normal.

"Badan pesawat Wings Air berjenis ATR 72-600 itu saat ini diletakkan di apron bandara baru, yang melewati area taxiway bandara," katanya.

Menurutnya, inspeksi dan pembersihan landasan pacu paska proses evakuasi pesawat telah membuat operasi bandara berlangsung normal sejak pukul 07.30 pagi. Sejumlah penerbangan dari dan menuju bandara sudah pulih seperti semula. "Tim KNKT masih melakukan investigasi terkait kejadian itu, " katanya.

Seperti diketahui, pesawat Wings Air jenis ATR 72-600 tergelincir sekitar Minggu sore sekira pukul 18.45 dan sempat keluar dari jalur runway saat melakukan pendaratan. Bahkan sempat membuat roda pesawat patah dan bagian tubuh pesawat miring ke kanan. Diduga, pesawat IW 1986 itu tergelincir akibat runway basah yang disebabkan hujan lebat.

Pesawat itu dipiloti Kapten Pilot George Tarun Rajan, dengan membawa 68 penumpang dan kru pesawat. Sebelum mendarat pesawat itu terbang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung Jawa Barat, dengan tujuan Bandara Ahmad Yani Semarang. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,