Gempa, Ribuan Warga Pesisir Selatan Chile Mengungsi

Gempa, Ribuan Warga Pesisir Selatan Chile Mengungsi

Ribuan warga berhamburan keluar dari salah satu mal di Santiago setelah gempa kuat melanda Chile beberapa waktu lalu. (foto - AP/ilustrasi)

Santiago - Gempa berkekuatan 7,6 pada skala Richter yang mengguncang bagian selatan negara Chile, memicu ribuan orang di daerah pesisir yang dikenal sebagai kawasan pariwisata dan pertanian salmon terpaksa mengungsi.
 
Gempa mengganggu rencana Natal ribuan orang, membuat mereka melarikan diri dari rumah dengan berjalan kaki, menumpang mobil ataupun menunggang kuda. Mereka berbondong-bondong mencari tempat yang lebih tinggi di tengah hujan lebat, ketika sirene memperingatkan ada potensi tsunami.
 
"Tiba-tiba mengguncang dan bergetar," kata Denisse Alvarado, warga Quellon yang bersiap menuju pedesaan untuk merayakan Natal dengan teman-temannya ketika merasakan gempa dan berlari keluar rumah. "Itu adalah ketakutan terbesar dari kehidupan kita," kata wanita 46 tahun itu.
 
Seperti dikutip dari ABC News, gempa tersebut tersebut memutus arus listrik dan merusak jalanan, namun sejauh ini belum ada laporan korban jiwa. Meski peringatan tsunami dibatalkan, warga didesak untuk tetap waspada. Pihak berwenang mencabut peringatan untuk wilayah 1.000 km dari pusat gempa, sebelah barat daya dari Puerto Montt.
 
Kantor Darurat Nasional Chile (Onemi) mencabut perintah evakuasi dan tsunami setelah tiga jam gempa melanda. "Hampir 5.000 orang yang telah dievakuasi kembali ke rumah mereka," demikian disampaikan badan itu. Onemi menyatakan, salah satu jembatan di daerah itu sudah bisa dilewati, meski tengah diperbaiki. Sementara tim lainnya berupaya memulihkan listrik 21.000 rumah.
 
Sementara itu, getaran gempa Chile itu juga terasa di sisi lain pegunungan Andes di Argentina. "Ada banyak pergerakan di sini, tapi selain itu tak ada dampak lainnya. Tidak ada rumah yang runtuh," kata pemilik Cabanas Hotel di selatan Chili, Quellon, Alamiro Vera.
 
Meski terjadi puluhan gempa susulan berkekuatan lebih lemah, kerusakan terkonsentrasi di sepanjang jalan raya yang berjalan di Chiloe Island. Hal itu mengakibatkan lalu lintas ditutup di satu bagian dan di jalan-jalan kecil serta jembatan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,