India Berhasil Lakukan Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua

India Berhasil Lakukan Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua

India berhasil melakukan uji coba rudal balistik Agni V. (foto - ist)

New Delhi - India berhasil melakukan uji coba rudal balistik Agni V, yang jarak tembaknya diklaim mampu menjangkau Cina. Rudal dengan jarak tembak sekitar 5.000 kilometer (km) tersebut, digembar-gemborkan sebagai senjata perdamaian.
 
"Keberhasilan uji penembakan Agni V membuat pemerintah India sangat bangga. Ini akan menambah kekuatan pertahanan strategis kami dengan luar biasa," kata Perdana Menteri India, Narendra Modi.
 
Seperti dilaporkan IBTimes, Senin (26/12/2016) rudal sepanjang 17 meter dan seberat 50 ton itu diluncurkan pertamakali April 2012. Uji coba kedua dan ketiga dilakukan masing-masing pada September 2013 dan Januari 2015, sebelum akhirnya berhasil dengan sempurna pada percobaan keempat yang dilakukan kali ini.
 
Keberhasilan dalam menciptakan rudal tersebut membuat India masuk liga eksklusif negara. Liga eksklusif adalah negara-negara yang dipersenjatai rudal dalam upaya pertahanan negara. Negara tersebut terdiri atas Amerika Serikat, Rusia, Cina, Prancis dan Inggris.
 
Sementara itu, Presiden India Pranab Mukherjee mengungkapkan kebahagiaannya terkait keberhasilan uji coba rudal Agni V lewat akun Twitter pribadinya. "Keberhasilan ini akan meningkatkan pertahanan strategis dan meningkatkan kemampuan kami," sebut Mukherjee. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,