30 Pemain Bola Klub Uganda Tenggelam di Danau Albert

30 Pemain Bola Klub Uganda Tenggelam di Danau Albert

Danau Albert di Butiaba Uganda. (foto - blog)

Butiaba - Di negara mana pun di dunia, perayaan Natal selayaknya disambut dengan penuh sukacita. Klub sepakbola lokal Uganda pun merayakan hari peringatan kelahiran Yesus Kristus itu di atas kapal laut.

Lewat jalur pelayaran Danau Albert di Butiaba, mereka berpesta sambil berjalan menuju pertandingan tandang ke Hoima District. Puluhan pemain yang berasal dari Buliisa District dan penumpang lainnya yang merupakan para penggemar klub sepakbola tersebut, merayakannya dengan bernyanyi, meniupkan terompet dan bersiul.

Dilaporkan BBC, Senin (26/12/2016) keriangan itu berubah menjadi duka ketika kapal mulai oleng. Air perlahan masuk dan menenggelamkan kapal, yang membawa total 45 penumpang. Tak terkecuali sekitar 30 pemain sepakbola Uganda pun turut tenggelam.

Menurut kepala polisi setempat, John Rutagira sembilan orang ditemukan tewas dan 15 orang lainnya berhasil diangkat ke daratan. Sementara sisanya masih dalam pencarian.

Regu penyelamat dalam operasinya bekerja sama dengan nelayan setempat. Rutagira mengungkapkan, kebanyakan penumpang berada dalam keadaan mabuk sejak naik ke kapal. Menurut polisi, kapal itu kehilangan keseimbangan ketika banyak penumpang menumpuk di satu sisi kapal.

Selama ini, kecelakaan kapal laut memang sering terjadi di Danau Albert dan kawasan lain di penjuru Benua Afrika. Penyebabnya, kebanyakan karena kapal kelebihan muatan dan kondisinya sudah usang. Kecelakaan terakhir terjadi di bagian barat Danau Albert pada bulan lalu, yang menewaskan 10 orang. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,