Menengok Cantiknya Hulu Sungai '0 Kilometer' Citarum

Menengok Cantiknya Hulu Sungai '0 Kilometer' Citarum

Hulu Sungai '0 Kilometer' Citarum di Situ Cisanti yang terletak di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. (foto - Instagram)

Bandung - Semakin kritisnya kondisi Sungai Citarum perlu penanganan serius, akibat tercemar berbagai limbah termasuk kimia beracun dari industri. Sungai terpanjang di Jawa Barat itu sebenarnya merupakan bagian dari peradaban nasional, yang menyangkut hajat hidup orang banyak di dalamnya. 
 
Oleh karena itu, dampak pencemaran Citarum menjadi sangat serius karena selain menyebabkan banjir, juga menjadi polusi yang berbahaya bagi kesehatan.
 
Namun demikian, siapa pun yang melihatnya diyakini akan terkejut, apabila menengok kondisi hulu sungai yang melintasi Bandung tersebut. Lokasi 0 Kilometer Citarum yang berada di Situ Cisanti, ibarat bumi dan langit bilamana memikirkan kondisi Citarum saat ini.
 
Berdasarkan pengamatan, hulu sungai yang berakhir di Kabupaten Karawang tersebut memang begitu indah. Situ Cisanti yang terletak di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, yang berjarak sekitar dua jam dari pusat kota, tampak begitu memesona bagi siapa pun yang melihatnya. 
 
"Siapa pun tak akan menyangka, Sungai Citarum yang kotor dan tercemar limbah pabrik ternyata bermuara dari tempat yang begitu cantik. Di situ itu pula wisatawan  bisa mandi, tanpa ada kekhawatiran kemungkinan badannya gatal atau terganggu limbah. Ya, titik 0 km Citarum tersebut berada di Situ Cisanti," tulis akun @catatanbackpacker di Instagram.
 
Di situ atau danau tersebut terdapat plang besar bertuliskan "0 Kilometer" seperti di ujung barat Indonesia, yakni di Pulau Weh. Namun, yang ada di sana adalah penanda danau yang memiliki air bersih dan jernih, serta pemandangan bukit-bukit yang cantik dan hijau.
 
Di sana pula terdapat satu dermaga yang biasa menjadi tempat atau lokasi selfie, dengan latar belakang Situ Cisanti. Tempat itu pula direkomendasikan bagi wisatawan yang suka dengan wisata sejarah. Hal itu karena terdapat makam Dipati Ukur, seorang tokoh pahlawan Pasundan, atau pemberontak dari zaman kolonial Belanda. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait