'Black Box' Pesawat Tu-154 Jatuh di Laut Hitam Ditemukan

'Black Box' Pesawat Tu-154 Jatuh di Laut Hitam Ditemukan

Sejumlah petugas tengah mengangkat kotak hitam pesawat Rusia jenis Tupelov Tu-154 dari dalam laut. (foto - ist)

Sochi - Salah satu kotak hitam (black box) pesawat militer Rusia jenis Tupelov Tu-154 yang jatuh di Laut Hitam pada Minggu lalu, berhasil ditemukan. Para penyelam pun masih berusaha untuk mengambil dua kotak hitam lainnya di ekor pesawat, yang masih terdampar di bawah laut.
 
"Selama operasi pencarian kami menemukan salah satu kotak hitam yang berada di bawah kabin pesawat. Saat ini sedang diambil untuk segera diselidiki," kata sumber Dinas keamanan Rusia.
 
Seperti dikutip dari situs Tass, Selasa (27/12/2016) kotak hitam yang ditemukan berisi informasi yang dapat membantu peneliti mengidentifikasi penyebab kecelakaan. Setelah dikeluarkan dari laut, kotak itu langsung dikirim ke fasilitas penyelidikan Departemen Pertahanan di Moskow untuk dilakukan analisis.
 
Kotak hitam yang menempel pada kabin pesawat Tu-154 tersebut sebanyak tiga buah. Dua kotak lainnya berada di bagian ekor pesawat. "Salah satu penyebab kecelakaan pesawat itu, yakni penetrasi benda asing yang masuk ke bagian mesin. "Namun, ada kemungkinan penyebab lainnya seperti kesalahan pilot dan kerusakan teknis," kata sumber itu.
 
Sementara itu, Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan, penyidik sedang mempertimbangkan empat kemungkinan penyebab utama kecelakaan. Yaitu, penetrasi benda asing dalam mesin, bahan bakar standar yang menyebabkan kehilangan dorongan, kesalahan pilot serta kerusakan teknis dari pesawat.
 
Pesawat Tu-154 merupakan milik Kementerian Pertahanan Rusia dalam perjalanan ke Suriah dari Moskow. Pesawat tersebut jatuh sesaat setelah lepas landas dekat resor Rusia Laut Hitam, Sochi.
 
Pesawat mengangkut 92 orang termasuk delapan awak, 64 musisi dari Alexandrov Ensemble, sembilan wartawan, Kepala Badan Amal Spravedlivaya Pomoshch Elizaveta Glinka, dan dua pegawai negeri sipil federal. Sejauh ini sudah 11 mayat yang telah ditemukan. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,