La Nyalla Dibebaskan Dinilai Tak Terbukti Lakukan Korupsi

La Nyalla Dibebaskan Dinilai Tak Terbukti Lakukan Korupsi

Terdakwa kasus suap dana hibah yang juga Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti. (foto - ist)

Jakarta - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta memutuskan pembebasan mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti. 

Hakim menilai, mantan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu tak terbukti melakukan tindak korupsi dana hibah Pemerintah Provinsi Jatim.

"Menyatakan terdakwa La Nyalla Mahmud Mattalitti tidak terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tipikor," kata Hakim Sumpeno di Pengadilan Tipikor Jakarta Jalan Bungur Besar Besar Raya Kemayoran Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016).

Dengan putusan bebas tersebut, hakim pun memerintahkan jaksa untuk memulihkan harkat dan martabat La Nyalla selaku terdakwa, serta segera mengeluarkannya dari tahanan.

Dalam pertimbangannya, Majelis Hakim menganggap Jaksa Penuntut Umum tidak bisa membuktikan dakwaannya. Meski dalam musyawarah, Hakim Sigit Herman dan Hakim Anwar pun memberikan dissenting opinion.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menuntut agar Majelis Hakim menjatuhkan hukuman 6 tahun penjara, ditambah denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan kepada La Nyalla.

Jaksa juga menuntut La Nyalla membayar uang pengganti Rp 1,115 Miliar, karena dinilai terbukti korupsi dana hibah yang diberikan Pemprov Jawa Timur kepada Kadin Jatim pada periode 2011-2014 senilai Rp 48 miliar. Merespon mengenai putusan tersebut, jaksa mengaku pikir-pikir untuk melakukan kasasi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,