33 Tewas, Syiah Houthi Bentrok dengan Sunni

33 Tewas, Syiah Houthi Bentrok dengan Sunni

33 Tewas, Syiah Houthi Bentrok dengan Sunni

Sanaa - Sebanyak 33 orang tewas di Yaman dalam perang dua hari terakhir antara para pejuang Muslim Syiah Houthi, yang berusaha memperluas kontrol mereka dan suku Sunni yang bersekutu dengan Al Qaida.
 
Menurut keterangan warga, suku dan sekutu gerilyawan Ansar al-Sharia di wilayah Qifa, rumah bagi suku-suku Sunni yang kuat di Provinsi al-Baydah, telah menangkap beberapa puncak bukit. Termasuk Gunung al-Thaaleb (rubah) yang menghadap ke kubu pertahanan Al Qaida yang telah disita oleh Houthi, lapor Reuters.

 

Sumber-sumber militer Yaman mengatakan, satu pesawat tak berawak AS telah menewaskan tujuh tersangka gerilyawan Al Qaida di Yaman selatan, pada saat mereka dalam perjalanan untuk melakukan serangan.


Yaman, sekutu AS yang berbagi perbatasan panjang dengan pengekspor minyak utama dunia, Arab Saudi telah dilalap kekacauan politik sejak protes massa menggulingkan veteran Presiden Ali Abdullah Saleh, pada tahun 2011.

Houthi, yang merebut ibukota Yaman Sanaa hampir tanpa perlawanan pada September dan memaksa pemerintah untuk mengundurkan diri, terus memperluas seluruh negeri meskipun pembentukan satu pemerintahan baru membawa para pendukung kelompok dan perwakilan dari separatis Yaman selatan.

Di Provinsi Shabwa selatan, sumber-sumber militer Yaman mengatakan, pesawat tak berawak AS menghancurkan sebuah truk Hilux yang membawa setidaknya tujuh gerilyawan dalam perjalanan mereka ke serangan di Kota Azan.

Al Qaida di Semenanjung Arab sering menyerang tentara pemerintah di Yaman selatan, yang kadang-kadang menarik serangan drone. Washington mengakui menggunakan drone di Yaman tetapi tidak ada komentar publik pada prakteknya. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,