Tol Cikampek Macet Parah, Petugas Tutup Jalur di Km 66

Tol Cikampek Macet Parah, Petugas Tutup Jalur di Km 66

Tol Cikampek macet parah, petugas tutup jalur di Km 66. (foto - ist)

Purwakarta - Kemacetan di jalan Tol Cipularang tepatnya di wilayah Purwakarta Jawa Barat tak terhindarkan. Untuk mengurai kemacetan polisi dan petugas Jasamarga melakukan penutupan arus kendaraan dari Jakarta ke Cikampek di Km 66 Tol Cipularang, Rabu (28/12/2016) tengah malam.

Kendaraan yang menuju Cipularang dialihkan ke Cikampek lewat pintu keluar Tol Cikampek Utama di Cikopo dan Kalihuripan. Namun, pengalihan arus itu malah membuat jalan Tol Cikampek dari Jakarta mengarah ke pintu keluar Tol Cikampek macet parah hingga tak bergerak.

Antrean panjang kendaraan pun mengular, selain di dalam Tol kemacetan parah juga terjadi di sepanjang jalur Cikopo-Purwakarta lewat Bungursari. Lalu lintas di jalur arteri itu mengalami kemacetan parah, yang didominasi oleh kendaraan pribadi.

Memasuki wilayah Sadang, macet makin menjadi karena adanya pertemuan arus dengan kendaraan yang keluar melalui pintu Tol Sadang arah Purwakarta. Sejauh ini, seluruh titik kemacetan baik di jalan Tol maupun jalur arteri terus berlangsung dan sulit diurai.

Parahnya kemacetan yang terjadi erat kaitannya dengan banyaknya warga khususnya dari Jakarta yang pergi berlibur ke luar kota. Sebagian warga memilih berlibur ke Kota Bandung atau wilayah sekitarnya, yang memang memiliki banyak objek wisata menarik.

Akibatnya, kendaraan itu terjebak kemacetan di Jalan Tol Cipularang khususnya di wilayah Purwakarta, di jalur Jakarta mengarah ke Bandung mulai dari Km 84 hingga Km 72. Seluruh kendaraan nyaris tak bergerak dan "parkir massal" di jalan berbayar itu terjadi. 

Kemacetan terjadi sebagai dampak dari kepadatan di jalur arteri Purwakarta-Bandung, dan pengalihan arus untuk kendaraan besar seperti truk dan bus dari pintu Tol Jatiluhur ke jalur arteri. Kendaraan besar yang keluar di pintu Tol Jatiluhur tertahan, sehingga menimbulkan antrean panjang sampai ruas jalan di Tol Cipularang. Sementara di jalur arteri Purwakarta-Bandung, kemacetan belum terurai.

Kemacetan di jalan arteri Purwakarta-Bandung terjadi mulai wilayah Sadang hingga perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat. Di sejumlah titik kemacetan juga terjadi di jalur Bandung menuju Jakarta. Hingga para pengguna jalan terpaksa harus terjebak hingga lebih dari tujuh jam.

Selain kondisi jalanan dipadati kendaraan besar, kemacetan juga disebabkan tidak disiplinnya para pengguna jalan. Selain itu, ada sejumlah kendaraan yang mogok karena terlalu berat beban muatan. Untuk mengurai kemacetan di jalan arteri Purwakarta-Bandung, petugas Polres Purwakarta membuat sejumlah rekayasa lalu lintas. 

Antara lain dengan memasang pemisah jalan dan mengalihkan arus kendaraan menuju pusat Kota Purwakarta. Misalnya di perempatan Iming, perempatan Combro dan sejumlah titik yang kerap memperparah terjadinya kemacetan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,