Dua Seniman Manga Indonesia Menang di IMA 2016 Jepang

Dua Seniman Manga Indonesia Menang di IMA 2016 Jepang

Salah satu karya seniman manga asal Bandung, Ann Maulina yang menang di International Manga Awards 2016 di Jepang berjudul Raruurien. (foto - ann maulina)

Bandung - Kementerian Luar Negeri Jepang kembali menggelar pemberian penghargaan "International Manga Awards (IMA) 2016". Gelaran pemberian penghargaan tersebut pertamakali diselenggarakan diselenggarakan pada 2007.

Sebanyak 14 pemenang diberikan penghargaan untuk kategori satu emas, tiga perak dan 10 perunggu yang diumumkan Selasa lalu. Di antara ke-14 nama pemenang penghargaan tersebut, terdapat dua nama seniman asal Indonesia.

Seperti dilansir laman Rocketnews24, dua orang wakil dari Indonesia, yakni Ann Maulina dan Dimaz Sadewa. Keduanya meraih penghargaan kategori perunggu. Ann Maulina lewat karya berjudul Raruurien, sedangkan Dimaz dengan karya berjudul Woelan.

Karya berjudul Woelan tersebut bisa dilihat secara online. Dimaz mengunggah cukup banyak hasil karya manga miliknya, khususnya di laman bernama Kreavi.

Sementara itu, Ann Maulina yang bekerja di Tinker Games Bandung, sehari-harinya ia berprofesi sebagai ilustrator, komikus serta seorang desainer grafis.

Dua karya anak bangsa Indonesia tersebut terpilih dari 296 karya lain dari 55 negara berbeda. Antara lain Taiwan, Cina, Thailand dan lain-lain. Dalam ajang itu melibatkan dewan juri  antara lain seniman manga Machiko Stonaka, Yoshimi Kurata dan Kimie Shiga serta penerbit Tsutomu Fujita dan Kouichi Yuri.

Pemenang akan diundang untuk menghadiri acara penghargaan di Jepang tahun depan. Mereka juga nantinya akan bertemu dengan seniman manga, dan mengunjungi perusahaan penerbit Negeri Sakura, yang dikabarkan acara digelar pada 6 Februari 2017.

"International Manga Award" merupakan penghargaan bergengsi yang digelar untuk memotivasi di kalangan seniman manga, khususnya bagi mereka yang bukan berasal dari Jepang untuk mengirimkan hasil karyanya untuk diperhitungkan. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,