Pemkot Bandung Siapkan 'Smart Bike Sharing' di 30 Titik

Pemkot Bandung Siapkan 'Smart Bike Sharing' di 30 Titik

Pemkot Bandung Siapkan 'Smart Bike Sharing' di 30 Titik. (foto - blog)

Bandung - Meski cukup lama menunggu, rencana Pemerintah Kota Bandung lewat Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menghadirkan smart bike sharing  (penyewaan sepeda) akhirnya terwujud. Sedikitnya, terdapat 30 titik smart bike sharing yang telah dibangun di wilayah Kota Bandung.
 
Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi, konsep bike sharing tersebut menggunakan konsep baru. Untuk sistem sewa tidak lagi menggunakan cara manual, tetapi dengan menggunakan kartu pintar (smart card).
 
"Sistem penggunaannya nanti dengan menggunakan kartu. Dengan demikian, para pengguna nanti cukup melakukan registrasi kartunya dan menyimpan deposit, kemudian tinggal jalan," kata Didi, Senin (2/1/2017).
 
Meski demikian, Didi mengakui, smart bike sharing tersebut belum bisa digunakan sekarang ini. Sebab harus menunggu lelang operator yang baru akan dilakukan pada Januari ini.
 
"Sepeda dan docking system-nya sudah siap, tinggal operatornya yang belum ada. Operatornya akan segera dilelangkan tahun ini. Kalau lelangnya Januari operasinya mungkin bulan Februari. Setelah itu baru bisa beroperasi," katanya.
 
Didi mengatakan, dari ke-30 titik halte bike sharing itu sebagian besar berada di pusat kota. Antara lain di Jalan Riau, Wastukancana, kawasan Gasibu, Taman Vanda dan lainnya. Satu titik bike sharing akan dipasang sekitar 10 sepeda. "Jadi totalnya ada 350 sepeda yang akan kita pasang di 30 titik, karena satu titik ada sekitar 10 sepeda," kata Didi.
 
Dipastikan, setelah lelang operator selesai dilakukan, smart bike sharing di Kota Bandung dapat segera beroperasi. "Saat ini nunggu lelang operator dulu. Karena nanti yang ngurus perangkat, termasuk petugasnya adalah operator. Setelah lelang selesai baru bisa digunakan," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,