Kali Bekasi Tercemar Limbah Berbahaya PDAM Stop Produksi

Kali Bekasi Tercemar Limbah Berbahaya PDAM Stop Produksi

Kali Bekasi tercemar limbah berbahaya. (foto - ist)

Bekasi - PDAM Tirta Patriot milik Pemkot Bekasi menghentikan produksi, menyusul dampak tercemarnya limbah berbahaya Kali Bekasi. Selama ini air baku yang dipakai untuk produksi air bersih, sebagian bersumber dari sungai yang mempunyai hulu di Kabupaten Bogor itu.

Menurut Kabag Humas PDAM Tirta Patriot, Uci Indrawijaya, sebetulnya bahan baku air bersih untuk perusahaannya diambil dari Kalimalang yang berasal dari waduk Jatiluhur. Hanya saja, sebagian masih dipasok dari Kali Bekasi.

"Air baku tercemar oleh limbah diketahui sejak Sabtu 31 Desember 2016 lalu sekitar pukul 00.00 WIB, bersamaan dengan pergantian tahun," kata Uci di Bekasi, Selasa (3/1/2017).

Oleh karena itu, pihaknya meminta maaf kepada pelanggan atas penyetopan produksi. Berdasarkan catatan, jumlah pelanggan perusahaan itu mencapai 26.000 lebih, tersebar di Bekasi Barat, Bekasi Utara dan Medansatria. "Kami sedang berkoordinasi dengan BPLH Kota Bekasi dan juga dengan Perum Jasa Tirta II, untuk melakukan rekayasa air baku," katanya.

Sementara Direktur Teknik PDAM Tirta Patriot, Cecep Ahmadi mengatakan, pihaknya akan kembali memproduksi mulai sore ini. Pihaknya telah mengambil bahan baku dari Kalimalang yang dipastikan terpisah dengan Kali Bekasi melalui sipon di bawah kali Bekasi.

"Saat ini air baku dari Kali Bekasi sudah dialihkan untuk dibuang ke hilir sampai ke pantai utara, Kabupaten Bekasi. Sementara untuk pasokan pengolahan air sudah terpenuhi menggunakan pasokan air dari tarum barat," katanya.

Ia menyatakan, tercemarnya Sungai Bekasi karena ada pencemaran yang terjadi di hulu, yakni Aliran Sungai Cikeas dan Cileungsi. Sedangkan limbah yang mencemari sungai tersebut berada di atas ambang batas. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,