Polisi Ungkap Motif Penulis Buku 'Jokowi Undercover'

Polisi Ungkap Motif Penulis Buku 'Jokowi Undercover'

Buku "Jokowi Undercover".

Jakarta - Penulis buku "Jokowi Undercover", Bambang Tri Mulyono telah ditangkap atas dugaan penghinaan terhadap penguasa dan pelanggaran Undang-undang ITE. Hasil pemeriksaan sementara, terungkap motif Bambang, menulis buku tersebut

"Yang bersangkutan ingin terkenal dan dikenal agar masyarakat tahu yang buat itu dia," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Rikwanto, di kantornya Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2017).

Menurutnya, buku yang ditulis Bambang tidak mendasarkan pada sumber studi komprehensif akademis, tapi hanya mengambil dari obrolan di jejaring media sosial, yang tanpa diketahui sumber asalnya. "Dia analisa sendiri, dia kumpulkan lalu dia simpulkan sendiri. Sehingga menjadi narasi yang seoalah itu sebuah kebenaran yang dituangkan dalam sebuah buku," kata Rikwanto.

Bambang Tri kini sudah ditetapkan sebagai tersangka, dan sudah ditahan di rumah tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta. Ia dijerat dengan Pasal 16 UU No. 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnik. Kemudian, Pasal 28 ayat 2 UU ITE dan Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan Terhadap Penguasa Negara. "Hukumannya penjara enam tahun ke atas," tegas Rikwanto.

Di dalam bukunya, Bambang menulis, Jokowi telah memalsukan data saat mencalonkan diri menjadi calon presiden 2014 lalu. Bambang juga menyebut, sosok Jokowi muncul atas keberhasilan media massa dan melakukan kebohongan terhadap rakyat. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,