Polda Metro Bidik Rizieq Shihab Soal Fitnah Uang Baru

Polda Metro Bidik Rizieq Shihab Soal Fitnah Uang Baru

Polda Metro Bidik Rizieq Shihab Soal Fitnah Uang Baru

Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Iriawan mengungkapkan, pihaknya tengah membidik Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, dalam kasus dugaan fitnah. Rizieq pernah menyebut, logo pada uang kertas baru yang dikeluarkan Bank Indonesia bergambar palu arit, yang melambangkan Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Ada laporan tentang masalah uang baru yang dilakukan Habib Rizieq. Ia mengatakan, uang tersebut berlambang palu arit," kata Iriawan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/1/2017).

Menurutnya, pihaknya sudah meminta klarifikasi dari BI terkait pernyataan Rizieq, yang beredar di media sosial Youtube. "Ternyata klarifikasi BI bukan palu arit, tapi hologram BI yang sekarang berubah. Jadi kita sudah periksa BI dan itu jelas bukan palu arit," tegas Iriawan.

Iriawan melihat, pernyataan Rizieq dalam video tersebut akan diselidiki, karena diduga memberikan penghasutan kepada masyarakat. "Jadi seolah sistematis PKI ada di Indonesia," katanya.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menyayangkan pertanyaan Rizieq itu. Menurutnya, tuduhan harus dilengkapi bukti yang kuat. Untuk itu, pihaknya akan memproses kasus ini. "Nanti kita lihat kalau BI sudah ada saksi ahli, kita akan lakukan penyelidikan," katanya.

Lewat video yang viral di media sosial Youtube, Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu dalam ceramahnya menyebut mata uang Indonesia yang baru diterbitkan ada lambang palu arit. Dalam video berdurasi 13 menit 7 detik itu, Rizieq membandingkan mata uang Indonesia cetakan lama dengan cetakan baru. (Jr.)** 

.

Categories:Nasional,
Tags:,