Demo Kenaikan Harga BBM Mobil Stasiun TV pun Dirusak

Demo Kenaikan Harga BBM Mobil Stasiun TV pun Dirusak

Demonstrasi anti-kenaikan harga BBM berujung pengrusakan mobil milik stasiun TV di Meksiko. (foto - Reuters)

Montterrey - Kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang digulirkan pemerintah Meksiko, memicu terjadinya demonstrasi yang berujung pengrusakan sebuah mobil milik salah satu stasiun televisi, Kamis waktu setempat. 

Demonstrasi memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak belakangan ini memang marak terjadi di Meksiko. Aksi demonstrasi tersebut seringkali berujung dengan kerusuhan dan pengrusakan. 

Seperti dilaporkan AP, Jumat (6/1/2017) selain merusak mobil milik stasiun televisi tersebut dan fasilitas lainnya, massa yang marah juga menjarah pom bensin dan sejumlah toko yang ada di wilayah tengah Meksiko. 

Massa juga memblokir jalan raya, membakar ban, menguasai pom bensin, mengganggu lalu lintas, yang membahayakan pasokan bahan bakar ke seluruh negeri.

Asosiasi Nasional Retail Meksiko menyebutkan, ada 79 toko yang dijarah. Sedangkan 170 lainnya terpaksa ditutup di sekitar Kota Meksiko. "Kerusuhan itu membahayakan nyawa pembeli dan pegawai toko, terutama di Negara Bagian Meksiko, Michoacan, Hidalgo dan Kota Meksiko," demikian pernyataan resmi asosiasi.

Sementara kantor kamar dagang Kota Veracruz melaporkan, sedikitnya ada sekitar 50 gerai termasuk pasar swalayan dan minimarket yang dijarah. Para penjarah mengambil pakaian, makanan, mesin cuci, televisi, pemutar DVD hingga lemari es. 

Polisi pun dikerahkan ke wilayah yang tengah rusuh dan menahan sedikitnya 14 orang. Di sebuah supermarket, polisi terpaksa menembakkan senjata api ke udara untuk membubarkan massa. 

Beberapa jam sebelum kerusuhan, Presiden Enrique Pena Nieto membela keputusannya menaikkan harga bahan bakar hingga 20 persen pada akhir pekan lalu. Ia menyebut, subsidi bahan bakar salah alamat dan justru dirasakan kaum kaya Meksiko. 

Namun demikian, pada kenyataannya harga empat liter bensin yang baru sekarang ini setara dengan upah minimum harian pekerja sebesar 80 peso. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,