Warga Nias Dikagetkan Gempa Berkekuatan 5,4 SR

Warga Nias Dikagetkan Gempa Berkekuatan 5,4 SR

Kepulauan Nias Sumatera Utara diguncang gempa bumi berkekuatan 5,4 pada skala Richter Jumat petang.

Medan Warga di Kepulauan Nias Sumatera Utara dikagetkan gempa berkekuatan 5,4 pada skala Richter, Jumat petang tadi. Gempa dilaporkan tidak menimbulkan kerusakan, namun sempat membuat warga panik. berhamburan keluar rumah.

Menurut Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas III Gunungsitoli, Gandamana Matondang, gempa bumi  terjadi pada sekitar pukul 17.24 WIB. Pusat gempa terletak pada koordinat 1.38 Lintang Utara dan 98.04 Bujur Timur pada kedalaman 41 kilometer.

Dampak gempa berupa guncangan kuat dirasakan di Kepulauan Nias dalam skala intensitas II SIG BMKG atau (III-IV Modified Mercalli Intensity atau MMI). "Guncangan gempa dirasakan banyak orang, tetapi tdak menimbulkan kerusakan," kata Gandamana, Jumat (6/1/2017).

Dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa berkategori dangkal yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. "Gempa terjadi adanya pergeseran lempeng Indo-Australia, yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia," katanya.

Ia mengimbau, warga tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Warga juga diimbau agar tidak terpancing isu karena tidak berpotensi tsunami. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,