20 Wanita WNA Diduga Terlibat Prostitusi Dijaring Imigrasi

20 Wanita WNA Diduga Terlibat Prostitusi Dijaring Imigrasi

Razia petugas imigrasi Jakarta Barat terhadap WNA di tempat hiburan malam. (foto - ist)

Jakarta - Sedikitnya 20 wanita warga negara asing (WNA) terjaring dalam operasi pengawasan yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Barat, Jumat malam kemarin. Mereka diduga melanggar aturan keimigrasian karena bekerja di tempat hiburan malam. dan diduga terlibat prostitusi.

"Para WNA tersebut datang dengan izin turis. Namun di Indonesia mereka bekerja sebagai pemandu karaoke, pijat terapi dan penari," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat, Abdul Rahman di Jakarta, Sabtu (7/1/2017).

Para WNA itu terdiri atas tiga orang warga negera Vietnam, tiga orang dari Thailand dan 14 orang berasal dari Cina. Usia mereka rata-rata 19 hingga 40 tahun. "Rata-rata mereka sudah berada di Indonesia selama dua bulan sampai tiga bulan," katanya. 

Menurut Abdul, pihak imigrasi menduga para wanita itu melakukan kegiatan prostitusi dengan tarif Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta. Pada operasi penindakan, petugas imigrasi menyita sejumlah barang bukti. Antara lain 20 paspor, telepon genggam, dan alat kontrasepsi.

Ia mengatakan, penyelidikan lebih lanjut dilakukan institusinya dan kepolisian untuk mendeteksi kemungkinan adanya mucikari dan orang-orang yang membawa para wanita itu ke Indonesia. Dari operasi rutin yang menyasar tempat hiburan malam, tim penyidik mengembangkan hingga ke tempat kosan dan tempat hiburan malam di sekitar Grogol.

Sementara Kepala Seksi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat Benget Steven mengatakan, para wanita WNA  yang terjerat itu tinggal di kawasan Mangga Besar dan mereka bekerja di empat tempat hiburan di wilayah Grogol dan Kota.

Menurutnya, mereka berangkat kerja dengan diantar sopir pribadi. Beberapa dari mereka ditangkap saat hendak berangkat kerja dan sebagian lainnya ketika berada di ruang karaoke. Mereka yang terjaring melanggar Pasal 122 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Isi pasal itu tentang izin tinggal keimigrasian. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,