48 Orang Tewas Truk Tangki Meledak di Perbatasan Suriah

48 Orang Tewas Truk Tangki Meledak di Perbatasan Suriah

Ledakan truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) di sebuah pasar di Azaz, kota di perbatasan Suriah. (foto - AFPTV)

Azaz - Truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) meledak di sebuah pasar di Kota Azaz yang dikuasai kaum pemberontak di Suriah, Sabtu (7/1/2017) waktu setempat. Dilaporkan, serangan paling mematikan di kota perbatasan dengan Turki itu menewaskan 48 orang, dan puluhan terluka.

Berdasarkan pernyataan kelompok Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris, sedikitnya 14 anggota kelompok pemberontak termasuk korban tewas. Namun kebanyakan korban adalah warga sipil, termasuk lima hakim pengadilan agama dari beberapa faksi pemberontak.

Kantor berita Turki, Anadolu melaporkan, korban tewas setidaknya 60 orang dan 50 orang terluka. Ketua kelompok Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdel Rahman kepada AFP menyatakan identitas korban masih dikumpulkan, meski sulit diidentifikasi karena terbakar.

Azaz termasuk kota yang seringkali mengalami serangan bom. Termasuk serangan bom mobil pada November tahun lalu, yang menewaskan 25 orang. Pemberontak menuduh kelompok ISIS di balik serangan itu. Serangan lainnya terjadi pada Oktober, yang menewaskan 17 orang di pos pemeriksaan.

Pada serangan hari ini, belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab. Namun seorang saksi mata bernama Osama al-Merhi, seorang pengacara menyalahkan ISIS. "Kejahatan semacam ini hanya bisa dilakukan kelompok teroris macam Daesh,” katanya. 

Sementara itu Reuters mewartakan, ledakan itu dipicu bom mobil yang ditanam oleh anggota ISIS. Kota Azaz adalah benteng pertahanan kelompok Tentara Pembebasan Suriah (FSA), yang diduga didukung oleh Turki. FSA kelompok pemberontak yang moderat di bawah bantuan Turki, ikut berjuang mengusir ISIS. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,