Suhu Beku Melanda Daratan Eropa Menewaskan 17 Orang

Suhu Beku Melanda Daratan Eropa Menewaskan 17 Orang

Suhu Beku Melanda Daratan Eropa. (foto - ist)

London - Suhu beku di bawah nol derajat Celcius melanda daratan Eropa. Sedikitnya 17 orang dilaporkan meninggal akibat musim terdingin awal tahun ini. Salju juga menghalangi sejumlah perjalanan udara, darat dan laut di berbagai penjuru Benua Biru.
 
Dari korban tewas tersebut, di antaranya ada 10 orang yang meninggal akibat kedinginan di Polandia. Pejabat setempat mengatakan, suhu terendah pada Sabtu 7 Januari 2017 waktu setempat menunjukkan minus 20 derajat Celcius.
 
Seperti dilaporkan Independent, Minggu (8/1/2017) seorang pria lainnya meninggal karena suhu dingin di Belgia. Ia tewas setelah truknya tergelincir di jalan raya yang diselimuti salju. Sisanya, ada setengah lusin gelandangan di Italia juga tewas menggigil.
 
Kantor berita Anadolu melaporkan, di Istanbul, salju juga turun dalam intensitas tinggi. Cuaca buruk memaksa maskapai penerbangan Turkish Airlines membatalkan lebih dari 650 jadwal perjalanan. Selat Bosphorus yang memisahkan Turki bagian Eropa dan Asia juga ditutup jalur pelayarannya. 
 
Sebagian kawasan di selatan Italia terpantau sudah terkubur oleh tumpukan salju setinggi satu meter. Khususnya di Roma, air mancur di St Peter’s Square telah membeku dalam semalam.
 
Bagi Rusia, warga Kristen Ortodoksnya juga merayakan Natal terdingin dalam 120 tahun terakhir. Termometer di Moskow pada malam hari menunjukkan suhu berada di kisaran minus 30 derajat celcius. Sementara di St Petersburg, suhu rata-ratanya minus 24 derajat Celcius.
 
Tesalonika, kota kedua terbesar di Yunani juga mengalami kebekuan pada suhu minus tujuh derajat Celcius. Athena lebih hangat dengan suhu tepat nol derajat celcius. Beberapa kawasan negeri penuh mitos dewa-dewi itu, seperti Lesbos saat ini masih diguyur hujan salju yang deras.
 
Di Bosnia, Sky News mewartakan, para atlet ski yang tengah berlomba untuk Olimpiade di resor ski Sarajevo menjauh dari arena. Pasalnya suhu di luar penginapan telah mencapai minus 27 derajat Celcius.
 
Suhu rendah juga dialami warga Swiss. Desa La Brevine di negara Eropa Barat itu mencatatkan suhu terendah minus 29,9 derajat Celcius pada Jumat. Pada 12 Januari 1987, desa ini juga mencetak rekor mengalami suhu terendah di dunia dengan catatan minus 41,8 derajat Celcius. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,