Banjir Parah Sergap Thailand Selatan Tewaskan 18 Orang

Banjir Parah Sergap Thailand Selatan Tewaskan 18 Orang

Banjir Parah Sergap Thailand Selatan Tewaskan 18 Orang. (foto - ist)

Bangkok - Sedikitnya 18 orang tewas akibat banjir parah yang melanda Thailand bagian selatan. Menurut Kementerian Dalam Negeri, setidaknya 1 juta orang dari 10 provinsi terkena dampak dari musibah tersebut.
 
"Sebanyak 18 orang tewas dan satu orang dinyatakan hilang," kata otoritas setempat. Disebutkan, hujan mengubah jalan bak sungai dan menggenangi lahan pertanian serta merusak lebih dari 1.500 sekolah. 
 
Seperti dilansir The Guardian, Minggu, (8/1/2017) Badan Meteorologi Thailand memprediksikan hujan deras masih akan mengguyur wilayah itu hingga dua hari ke depan. Mereka pun memperingatkan bahaya banjir bandang.
 
"Situasi hari ini dan besok masih buruk. Hujan deras masih akan turun," kata Junjuda Pornsri, petugas di badan meteorologi. Angkatan bersenjata Thailand pun dikerahkan untuk membantu mengevakuasi korban banjir, menyediakan tempat berlindung sementara dan mendistribusikan bantuan.
 
Hujan deras yang mengguyur Thailand kali ini dinilai sebagai hal tak lazim. Sejak November hingga Januari cuaca di Thailand relatif kering dan sejuk. Padahal, saat-saat ini merupakan momen kunjungan wisatawan asing tertinggi ke Thailand.
 
Banjir ditengarai telah memicu gangguan di sejumlah destinasi wisata termasuk di kawasan Samui dan Phangan. Di lain sisi, ratusan penerbangan terpaksa mengalami penundaan, sedangkan layanan kereta api dan bus dihentikan.
 
Sementara tetangga Thailand, Malaysia juga terkena banjir parah pada awal pekan lalu. Musibah itu menyebabkan ribuan orang di timur laut negara itu terpaksa mengungsi. Pada Sabtu lalu, jumlah pengungsi di Kelantan dan Terengganu menurun dari 23.000 menjadi 13.500 menyusul cuaca yang mulai membaik. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,