25 Orang Tewas Jutaan Warga Terdampak Banjir di Thailand

25 Orang Tewas Jutaan Warga Terdampak Banjir di Thailand

Jembatan di Provinsi Surat Thani Thailand selatan terputus. (foto - Reuters)

Bangkok - Banjir bandang yang melanda wilayah selatan Thailand menghancurkan jembatan di jalan raya utama, yang menghubungkan bagian utara dan selatan negara itu. Hal itu menyebabkan arus lalu lintas kendaraan macet hingga sepanjang 200 kilometer (km).

Dilansir Reuters, Selasa (10/1/2017) hujan deras yang terus mengguyur berhari-hari juga menambah jumlah korban tewas menjadi 25 orang. Keterangan pejabat Departemen Pencegahan Bencana menyebutkan, lebih dari 360 ribu kepala keluarga dan sekitar satu juta warga terdampak banjir besar itu. 

Tak hanya itu, sekolah, rumah dan industri karet dan kelapa sawit yang tengah berkembang di wilayah tersebut juga hancur diterjang banjir. Gambar yang ditayangkan di televisi memperlihatkan mobil-mobil yang tenggelam di Provinsi Prachuap Kiri.

Hal itu akibat jembatan yang menghubungkan Bangkok dengan wilayah selatan Thailand hancur tersapu arus banjir. Jalur kereta yang menghubungkan wilayah selatan Thailand dengan Malaysia pun terputus selama beberapa hari.

Hujan deras yang melanda Thailand kali ini tidak biasa, karena turun di waktu yang seharusnya terjadi musim kemarau. Musim hujan di Thailand biasanya berakhir pada akhir November, namun sampai Januari curah hujan masih tetap tinggi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,