Lepas Jabatan, #ObamaFarewell Jadi Trending Topic Dunia

Lepas Jabatan, #ObamaFarewell Jadi Trending Topic Dunia

#ObamaFarewell Jadi Trending Topic Dunia. (foto - Getty Images)

Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama segera mengakhiri masa jabatannya, hingga presiden terpilih Donald Trump disumpah pada 20 Januari 2017. Sesuai tradisi, Obama menyampaikan pidato perpisahan pada masyarakat AS.

Presiden yang telah memimpin AS selama dua periode sejak 2008 lalu itu pun melakukannya di kampung halamannya, Chicago pada 10 Januari 2017 waktu setempat. Pidato perpisahan itu menuai respons dari netizen, khususnya warga Twitter. Sejumlah tokoh publik maupun figur terkenal di AS turut membahas perpisahan Obama di dunia maya.

Tagar #ObamaFarewell pun menjadi trending topic Twitter di seluruh dunia. Beragam respons mulai dari bentuk dukungan, kritik, termasuk guyonan dilontarkan oleh pengguna di Twitter. Salah satu yang mengunggah kicauan perpisahan Obama yakni pembawa acara kawakan Amerika Serikat, Ellen DeGeneres. Ia menyebut rasa sayangnya pada Presiden Obama melebihi batasan karakter yang disediakan Twitter.

Sebelumnya, International Business Times melaporkan, selama menjabat Presiden AS, Obama dikenal sebagai sosok inklusif yang merangkul semua kalangan. Banyak pihak menyebut Obama sebagai "presiden terkeren". Sebagai bentuk penghargaan atas peran dan jejak yang telah ditorehkan Obama, Gedung Putih merilis sebuah video berjudul "Yes We Can: People Share Their Most Memorable Moments from the Obama Presidency".

Video itu berisi momen-momen paling diingat oleh sejumlah kalangan saat Obama menjabat sebagai presiden, tak terkecuali dari bintang film, musikus, filantropi hingga legenda olahraga. Salah satu penyanyi Amerika ternama, John Legend yang turut memberikan komentar dalam video emosional berdurasi 5 menit 49 detik itu.

"Aku tak pernah menangis sebelumnya dalam hasil pemilihan presiden," kata Legend saat dirinya mengenang terpilihnya Obama menjadi Presiden AS pada 2008. Sementara Aktris Kerry Washington pun berbagi komentar serupa, "Anda benar-benar merasakan tiga kata Konstitusi, 'We The People'. Itu merupakan saat pertama di hidup saya di mana saya benar-benar menjadi bagian dari 'We'(kami)," sebutnya.

Aktor pemenang Oscar yang juga merupakan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio mengatakan, pembelaan Obama soal perubahan iklim saat di PBB merupakan hal yang menginspirasi. "Ketika saya berada di PBB dan mendengar presiden kita mengatakan, perubahan iklim adalah isu terpenting yang sedang dihadapi, tak hanya generasi kini, tapi juga masa depan, itu adalah hal yang menginspirasi," kata pria yang akrab disapa Leo.

Aktor lain, Samuel L. Jackson, menyebut berlakunya asuransi kesehatan Affordable Care Act atau biasa disebut Obamacare merupakan momen paling membekas bagi dirinya. "Momen ketika kami mendapat Affordable Care Act, karena saya memiliki kerabat yang tak bisa mendapatkan asuransi kesehatan. Jadi ini merupakan hal luar biasa untuk memastikan, mereka akan mendapat perawatan jika terjadi sesuatu," kata Jackson. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,