Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Bengkulu Selatan

Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Bengkulu Selatan

Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Wilayah Bengkulu Selatan. (Google earth)

Bengkulu - Wilayah barat daya Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,2 pada skala Richter (SR) Kamis (12/1/2017) sekitar pukul 20.29 WIB.

Namun demikian, gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Lokasi gempa berada di 5.45 Lintang Selatan,102.66 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa itu berada di 123 km barat daya Kabupaten Kaur Bengkulu.

Berdasarkan keterangan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman, gempa yang terjadi karena adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah dan lempeng Eurasia. Ditambah Bengkulu berada di kawasan patahan Sumatera, sehingga kerap digoyang gempa.

''Gempa tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Begitu juga dengan besarannya,'' katanya. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan dampak gempa yang berpusat di Kabupaten Kaur tersebut.

Namun demikian, getaran gempa tersebut terasa hingga ke empat kabupaten/kota. antara lain Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma dan Kota Bengkulu.

Menurut Litman, pusat gempa tersebut berada di tengah laut atau berdekatan dengan Pulau Enggano. Namun, dilaporkan masyarakat tidak begitu merasakan getaran gempa. Masyarakat di Enggano masih beraktivitas seperti biasanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,