Tangki BBM Meledak Hanguskan Tujuh Rumah di Lampung

Tangki BBM Meledak Hanguskan Tujuh Rumah di Lampung

Tangki BBM Meledak Hanguskan Tujuh Rumah di Lampung. (foto - ist)

Bandar Lampung - Sedikitnya tujuh rumah di Telukbetung Timur Bandar Lampung terbakar, setelah truk tangki berisi bahan bakar minyak (BBM) meledak. Kebakaran itu terjadi di Jalan Kunci Kampung Umbul Kunci Kelurahan Keteguhan Minggu (15/1/2017) siang. 
 
Salah satu pemilik rumah yang terbakar, Jarwo menyatakan, ia mendengar suara ledakan yang cukup keras sebelum terjadi kebakaran. "Saya lihat api sudah membesar. Karena panik, saya langsung masuk dan gendong anak yang masih kecil," katanya.
 
Menurutnya, ledakan dan api yang menyambar berasal dari rumah yang berada di depan rumahnya. Di rumah itu terdapat mobil truk tangki BBM. Hingga sore, pemadam masih berusaha memadamkan api. Walikota Bandar Lampung, Herman HN pun tampak mendatangi lokasi kebakaran.
 
Polda Lampung membenarkan, pemilik tangki bahan bakar minyak (BBM) yang meledak di Umbul Kunci tersebut adalah oknum anggota TNI berinisial AD. "Ya, pemiliknya anggota TNI," kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung Komisaris Besar Sulistyaningsih.
 
Menurut Sulistyaningsih, meledaknya tangki BBM tersebut berawal dari adanya mobil tangki colt diesel dengan nomor polisi BE 9740 RA, yang terparkir di pinggir jalan rumah AD. Mobil tersebut tengah memindahkan solar, dari dalam gudang ke dalam mobil tangki.
 
Proses pemindahan pun menggunakan mesin pompa. "Tiba-tiba, ada percikan api yang mengakibatkan mobil tangki berkapasitas 5 ribu liter itu terbakar dan meledak," katanya.
 
Ledakan tersebut membuat solar berhamburan dan api ikut menyambar ke rumah-rumah warga di sekitarnya. Korban jiwa akibat peristiwa itu tidak ada. Hanya saja, warga yang menjadi korban menderita kerugian material sedikitnya Rp 800 juta. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,