Boeing 747 Rusia Tersambar Petir Mendarat Darurat di Sochi

Boeing 747 Rusia Tersambar Petir Mendarat Darurat di Sochi

Pesawat Boeing 747 milik maskapai Rusia tersambar petir setelah lepas landas dan mendarat darurat di bandara Sochi. (foto - ilustrasi)

Moskow - Pesawat Boeing 747 tersambar petir tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Moskow Vnukovo. Sambaran petir muncul dari langit dan langsung menyambar, yang memaksa pesawat melakukan pendaratan darurat di Bandara Bandara Internasional Sochi.

Seperti dilaporkan The Sun yang dikutip dari News.com.au, Senin (16/1/2017) dalam video yang beredar di dunia maya, terungkap pemandangan saat jet penumpang itu disambar petir sesaat setelah lepas landas. Para penumpang yang baru mengudara beberapa menit untuk penerbangan dua jam ke Sochi pun merasa ketakutan.

Seorang storm chaser, Julia Musina mengatakan, insiden itu cukup menakutkan dilihat dari darat. Orang-orang di pesawat pasti merasa sangat gugup jika mereka melihat apa yang terjadi. "Pesawat sepertinya tak terpengaruh. Ini tak baik untuk penumpang yang gugup atau mudah cemas. Take off menjadi saat yang paling menakutkan," kata Musina.

"Teman saya merekam pemandangan mengerikan itu dan memberikannya kepada saya untuk dibagikan. Kami mengikuti perubahan cuaca yang dramatis". Sesampainya di Bandara Internasional Sochi, staf kemudian memeriksa pesawat apakah terjadi kerusakan pasca-sambaran petir.

"Pilot dan kopilot telah diwawancarai dan pesawat tengah menjalani pemeriksaan teknis," papar seorang juru bicara bandara. "Setibanya di bandara tujuan di bagian post-flight inspection, ditemukan jejak kerusakan yang disebut atmospheric electricity discharge".

Menurutnya, ini bukan pertamakalinya sebuah jet penumpang disambar petir di udara. Tahun lalu sebuah pesawat JetBlue menuju ke Bermuda dari bandara JFK New York juga disambar petir. Pesawat yang membawa 119 orang itu akhirnya mendarat darurat.

Baru-baru ini sebuah pesawat Flybe dari Manchester ke Amsterdam juga dialihkan kembali ke bandara asal, setelah kapal terbang itu terkena sambaran petir pada November 2016 lalu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,