Warga Berhamburan, Gempa 5,6 SR Getarkan Deli Serdang

Warga Berhamburan, Gempa 5,6 SR Getarkan Deli Serdang

Gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang sejumlah wilayah di Sumatera Utara Senin (16/1/2017) malam.

Medan - Gempa bumi berkekuatan 5,6 pada skala Richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah di Sumatera Utara, Senin (16/1/2017) malam sekitar pukul 19.42 WIB. Salah satu daerah yang merasakan guncangan cuikup kuat, yakni Kota Medan.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menyebutkan, pusat gempa berada di 28 kilometer arah barat daya Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, dengan kedalaman 10 kilometer.

"Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 19.42 WIB, dengan kekuatan 5,6 SR," kata Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan. Gempa tersebut membuat warga di Kota Medan panik hingga mereka berhamburan keluar dari rumah.

Namun, sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban akibat gempa tersebut. Adapun titik gempa berada pada 3,33 Lintang Utara, 98,46 Bujur Timur. Atau berjarak 28 kilometer barat daya Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Meski terbilang gempa yang terjadi cukup dangkal, gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi menimbulkan tsunami. 

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, gempa bekekuatan 3,9 SR juga terjadi di titik yang sama pada pukul 19.13 WIB.

"Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG)," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Senin malam. Sutopo menambahkan, gempa ini juga dirasakan hingga Binjai, Langkat dan Kisaran. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,