20 Tim Bakal Ramaikan Piala Presiden 2017 Awal Februari

20 Tim Bakal Ramaikan Piala Presiden 2017 Awal Februari

20 Tim Bakal Ramaikan Piala Presiden 2017 yang digelar Februari mendatang.

Jakarta - Sebanyak 20 klub terbaik Indonesia akan ikut turnamen pramusim Piala Presiden 2017, yang rencananya dihelat pada Februari. Dari seluruh tim, dua di antaranya merupakan finalis Divisi Utama PSCS Cilacap dan PSS Sleman.
 
Sama seperti edisi sebelumnya, Piala Presiden memiliki format home tournament, dan terbagi dalam beberapa grup. Rencananya ada lima stadion yang ditunjuk sebagai tuan rumah masing-masing grup, dan partai final akan mengambil tempat netral.
 
Dari lima venue, baru tiga stadion yang dikabarkan siap menjadi tuan rumah, yaitu Maguwoharjo International Stadium di Sleman, I Wayan Dipta di Bali hingga Stadion Gelora Ratu Pamelingan di Pamekasan, Madura. Dua stadion lainnya akan dipusatkan di Bandung dan Kalimantan.
 
Sejauh ini, seluruh calon peserta masih menunggu surat undangan atau sosialisasi penyelenggaraan turnamen tersebut. Selain itu, mereka juga tengah sibuk mengumpulkan pemain sebagai persiapan menghadapi kompetisi resmi ISL 2017 Maret mendatang.
 
Sementara itu, Mahaka Sports and Entertainment sebagai operator Piala Presiden sebagai turnamen pramusim, jelang kompetisi LSI 2017, hingga kini belum mendapatkan izin dari PSSI. Hal itu diungkapkan CEO Mahaka, Hasani Abdulgani.
 
"Belum ada keputusan dari PSSI. Kami harus mendapatkan izin dari PSSI. Sedang dalam proses, tapi belum ada putusan final," katanya. Pertemuan antara Mahaka dan PSSI membahas masalah itu belum dilakukan. Ileh karena itu, status perhelatan Piala Presiden hingga kini masih abu-abu.
 
"Prinsipnya, PSSI mau ada Piala Presiden lagi, jadi semacam pramusim. Kami harus duduk bersama. Misalnya keberatan, mungkin PSSI yang jalankan sendiri. Prosesnya tak mudah," kata Hasani. Sempat ada desas-desus yang menyebutkan, Piala Presiden bakal diikuti 18 klub LSI dan dua perwakilan Divisi Utama. Hasani pun tak membantahnya.
 
Ia menyatakan, skema idealnya memang menyertakan 20 klub. Gelaran Piala Presiden sempat menjadi turnamen pelepas dahaga saat kompetisi ISL mati suri pada 2015 lalu. Persib Bandung menjadi juara setelah mengandaskan perlawanan Sriwijaya FC dengan skor 2-0, dalam partai puncak yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno 18 Oktober 2015. (Jr.)**
 
20 tim peserta Piala Presiden 2017:
1. Persipura Jayapura
2. Arema FC
3. Madura United 
4. Bhayangkara FC
5. Mitra Kukar
6. Persela Lamongan
7. Bali United
8. Perseru Serui
9. Persiba Balikpapan
10. Persib Bandung
11. Persija Jakarta
12. Persegres Gresik United 
13. Barito Putera
14. PS TNI
15. PSM Makassar
16. Pusamania Borneo FC
17. Semen Padang FC
18. Sriwijaya FC
19. PSCS Cilacap (Juara ISC B)
20. PSS Sleman (Runnerup ISC B)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,