Gempa Rusak Landasan Pacu Bandara Kualanamu

Gempa Rusak Landasan Pacu Bandara Kualanamu

Bandara Kualanamu.

Medan - Gempa bumi berkekuatan 5,6 pada skala Richter yang melanda Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, ternyata berdampak hingga ke Bandara Kualanamu.
 
Satu-satunya landasan pacu yang ada di bandara itu rusak di bagian ujung, yang ada di arah barat daya landasan, yakni Runway 05. "Kondisi Runway 05 Bandara Kualanamu mengalami lendutan di marka (permukaan)," kata Branch Communication And Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto, Senin (16/1/2017) malam.
 
Untuk itu, tim dari Unit Teknik Landasan kini tengah melakukan inspeksi, guna melakukan pengukuran untuk menentukan jarak aman permukaan landasan.
Jarak aman tersebut nantinya akan diinformasikan kepada seluruh pilot pesawat, yang akan menggunakan landasan pacu. "Untuk sementara waktu, lepas landas dan mendarat hanya menggunakan Runway 23," katanya.
 
Sementara itu, tim teknik yang bertanggung jawab menangani bandara juga dikerahkan untuk memeriksa kondisi bangunan. "Rekan-rekan teknik sedang melakukan inspeksi (pemantauan), dan belum dilaporkan adanya kerusakan pada bangunan Bandara Kualanamu," tegasnya.
 
Selain tidak ada bangunan yang rusak, gempa bumi itu juga disebut tidak mengganggu penerbangan di Bandara Kualanamu. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,