Aktivitas Sesar Lokal Picu Patahan di Gempa Deli Serdang

Aktivitas Sesar Lokal Picu Patahan di Gempa Deli Serdang

Aktivitas sesar lokal picu timbulnya patahan baru di titik gempa Deli Serdang Sumatera Utara. (foto - BMKG)

Medan - Gempa bumi berkekuatan 5,6 pada skala Richter yang berpusat di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, mengakibatkan sedikitnya 84 rumah milik warga di Kabupaten Karo mengalami kerusakan mulai dari ringan, sedang hingga berat.

"Sementara kerusakan rumah akibat gempa, tujuh unit rusak berat dan 77 rumah rusak ringan," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karo, Natanail Peranginangin, Selasa (17/1/2017).

Selain rumah, gempa juga merusak bangunan sekolah dan Masjid di Kabupaten Karo Sumatera Utara. "Satu unit sekolah dan satu unit masjid mengalami kerusakan. Kemudian, satu unit mobil pun rusak ringan," katanya.

Menurut Natanail untuk korban jiwa tidak ada dalam peristiwa bencana alam berupa gempa bumi, yang terjadi Senin malam 16 Januari 2016. "Korban nihil," katanya.

Gempa bumi itu juga dilaporkan getarannya hingga ke wilayah Brastagi dan Sibolangit Sumatera Utara. Gempa darat di Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 19 kilometer itu telah menimbulkan sejumlah kerusakan di berbagai tempat.

Hasil monitoring Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa darat tersebut memicu 13 gempa susulan dengan kekuatan setidaknya hingga 4,3 pada skala Richter.

Analisa BMKG, gempa itu merupakan dampak dari aktivitas sesar lokal dan bukan akibat sesar besar Sumatera (Sumatera Fault Zone). "Di sebelah tenggara Brastagi dekat lokasi gempa memang terdapat beberapa struktur sesar lokal yang belum memiliki nama. Wajar jika di wilayah ini terjadi aktivitas gempa bumi," sebuts BMKG. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait