Peruri Bereaksi Soal Laporan Logo Palu Arit di Uang Rupiah

Peruri Bereaksi Soal Laporan Logo Palu Arit di Uang Rupiah

Ini simbol pada uang rupiah baru yang dituding gambar palu arit. (foto - dok BI)

Jakarta - Bank Indonesia (BI) menjadi pihak yang berwenang untuk menjawab tudingan adanya logo palu arit (PKI) pada uang rupiah baru. Uang rupiah itu sendiri menjadi sorotan lantaran diduga ada logo PKI di rectoverso, atau gambar saling isi di uang kertas ini.

"BI yang dalam hal ini berposisi untuk menerangkan persoalan tersebut," kata Direktur Utama Perum Peruri Prasetio, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, untuk proses pencetakan termasuk desain, Perum Peruri terus melakukan komunikasi dengan BI. Namun, ia bilang yang bisa merilis rupiah hanya BI.

"Desain pastinya telah didiskusikan, karena fungsi tugas utama mengeluarkan uang itu adalah BI, sehingga otoritasnya ada BI. Namuni bisnis proses melibatkan proses diskusi, koreksi, antara pencetak dan otoritas ada komunikasi. Kalau desain segala macem yang punya kompetensi menjelaskan ke publik BI," katanya.

Ia menyatakan, rectoverso itu sendiri sebenarnya berperan sebagai pengaman. Oleh karena itu, ia berharap jika rectoverso tidak diartikan macam-macam. "Itu semata-semata security jangan dipersepsikan yang lain-lain. Kita pokoknya menjunjung tinggi security. Yang tentunya harus dikonsultasikan dan disetujui BI," ungkapnya.

Menurut Prasetio, rectoverso atau gambar saling isi bukan hal baru dalam uang rupiah. Rectoverso yang sempat dikaitkan dengan gambar palu arit itu sudah termuat di uang rupiah sejak sekitar tahun 2000. Rectoverso berperan sebagai pengaman uang, agar sulit dipalsukan.

Ia mengatakan, untuk tampilan rectoverso sendiri didiskusikan dengan Bank Indonesia (BI). BI menjadi pihak yang berwenang untuk menyetujui tampilan rectoverso. "Ya itu kan pasti proses diskusi dan BI kita nggak bisa sewenang-wenang. Harus disclose, approval dan disetujui BI," katanya.

Rectoverso sendiri menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Lantaran, logo BI yang menjadi rectoverso dituding mirip dengan lambang palu arit. Menurut Prasetio, BI menjadi pihak yang berwenang menjelaskan hal itu. Namun, rectoverso sejatinya berfungsi sebagai pengaman. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,