Imigrasi Denpasar Tangkap Buronan Interpol Asal India

Imigrasi Denpasar Tangkap Buronan Interpol Asal India

Petugas Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Denpasar menangkap warga negara India buronan Interpol (foto - ist)

Denpasar - Petugas Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai Denpasar menangkap warga negara India, atas nama Final Mittal (30). Pria kelahiran New Delhi 12 Agustus 1987 itu ditangkap Senin 16 Januari 2017 sekitar pukul 20.07 Wita.

Menurut Kabid Humas Polda Bali Komisaris Besar Hengky Widjaja, pria pemegang paspor nomor M-3193720 itu masuk dalam daftar red notice Interpol. Ia adalah pelaku penipuan dan pemalsuan. "Penangkapan itu atas permintaan pemerintah India, karena diduga telah melakukan tindak pidana pemalsuan dan penipuan di India," kata Hengky, Rabu (18/1/2017).

Mittal langsung diserahkan kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Bali untuk menjalani pemeriksaan. Lalu Mittal pun kembali diserahkan kepada petugas Imigrasi untuk proses hukum lebih lanjut, sesuai UU Nomor 1 Tahun 1979 tentang Ekstradisi dan UU RI Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pengesahan Perjanjian Ekstradisi Antara Republik Indonesia dan Republik India.

"Langkah yang telah dilakukan adalah membuat laporan polisi, membuat surat perintah penangkapan, surat perintah penahanan, mengambil foto dan sidik jari, menyita paspor dan melakukan pemeriksaan awal terhadap termohon ekstradisi,” katanya.

Sejauh ini, Polda Bali dan pihak Imigrasi tengah menunggu permohonan resmi ekstradisi dari Pemerintah Republik India. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,