Rokok Faktor Utama Penyakit Tidak Menular?

Rokok Faktor Utama Penyakit Tidak Menular?

Rokok dan tembakau merupakan salah satu faktor utama terjadi berbagai penyakit tidak menular. (Foto: Ilustrasi Net)

Banjarmasin - Rokok dan tembakau merupakan salah satu faktor utama terjadi berbagai penyakit tidak menular.

"Penyakit tidak menular seperti kardiovaskuler, stroke, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru, kanker mulut, impotensi, serta kelainan kehamilan dan janin," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinskes) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, drg Diah R Praswasti kepada wartawan, di Banjarmasin, Kamis (13/11/2014).

Menurutnya terjadi peningkatan sekitar 10 persen prevelensi perokok pada kelompok umur 15--24 tahun dari 17,3 persen pada Riskesda 2007 menjadi 18,6 persen pada Riskesda 2010.

Hasil Riskesda 2010, Kalsel menduduki peringkat kedua tertinggi secara nasional untuk klasifikasi perokok lebih dari 30 batang per hari, yaitu 7,9 persen.

"Berdasarkan kenyataan itulah maka dilaksanakan penyusunan peraturan daerah (Perda) No.7 tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR)," katanya.

Tujuan penataan KTR tersebut, tak lain untuk memberikan perlindungan yang efektif dari bahaya paparan asap rokok orang lain, juga memberikan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat.

Selain itu untuk melindungi kesehatan masyarakat secara umum dari dampak buruk merokok, baik langsung maupun tidak langsung, kemudian menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat . bebas dari asap rokok, memenuhi rasa aman dan nyaman bagi orang lain, disamping meningkatkan kesadaran, kemauan hidup sehat.(Ode)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:kesehatan,