Gunung Sinabung Alirkan Lahar Dingin Dekati Permukiman

Gunung Sinabung Alirkan Lahar Dingin Dekati Permukiman

Aliran lahar dingin dari Gunung Sinabung hingga ke jalan permukiman warga. (foto - antara)

Karo - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo Sumatera Utara memuntahkan lahar dingin, Rabu (18/1/2017) sore. Namun, peristiwa alam itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun kerusakan rumah warga.
 
Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin, lahar dingin mengalir ke jalan permukiman warga, tepatnya di Desa Sukatendel Kecamatan Ndreket.
 
"Lahar dingin terjadi tadi sore sekitar pukul 16.00 WIB. Jalur yang mengalir lahar dingin tersebut tidak bisa dilalui. Bahkan, lahar meluap hingga ke jalan di Desa Sukatendel," kata Natanail.
 
Dipastikan, lahar dingin tersebut hanya merendam jalan dan tidak sampai ke rumah warga sekitar. "Sementara, air masih di pinggiran rumah, tidak merendam rumah. Namun, kami antisipasi bila ada air kiriman dari gunung," katanya.
 
Ia mengatakan, selain lahar dingin aktivitas Gunung Sinabung pun bergejolak, seperti adanya guguran lava. Namun, sejauh ini tidak terjadi erupsi. "Saat lahar dingin mengalir, tidak ada erupsi. Namun, terjadi guguran lava sekitar pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,