Pelantikan Trump Diwarnai Maraknya Unjuk Rasa & Protes

Pelantikan Trump Diwarnai Maraknya Unjuk Rasa & Protes

Pelantikan Trump diwarnai maraknya unjuk rasa dan protes di sejumlah tempat di AS. (foto - ist)

Washington DC - Massa pengunjuk rasa membanjiri Pennsylvania Avenue Washington DC, yang dekat dengan lokasi tempat digelarnya pelantikan (inagurasi) Presiden Amerika Serikat terpilih Donald Trump.
 
Dilaporkan CBS News, Jumat (20/1/2017) polisi menggunakan pepper spray atau semprotan merica kepada para pengunjuk rasa. Massa demonstran juga memenuhi area di luar National Press Club, di mana Deploraball akan diadakan. Di sana juga terlihat kelompok anti-konservatisme, Alt-Right.
 
Para pengunjuk rasa dari kelompok "Refuse Facism" mengatakan, polisi Washington DC menyemprotkan pepper spray  kepada demonstran yang berada di luar National Press Club. "Donald Trump tanganmu kecil, kami tak akan pernah membangun tembok pembatas," teriak demonstran di depan National Press Club. 
 
Hal itu merujuk pada rencana Donald Trump yang akan membangun tembok pemisah antara AS dengan Meksiko untuk membatasi jumlah imigran.
 
WUSA melaporkan, para demonstran melempar botol kepada sejumlah orang ketika mereka meninggalkan Deploraball. Polisi pun membalasnya dengan semprotan merica. Atas insiden itu, setidaknya terdapat empat keributan yang terjadi antara demonstran dan tamu pesta.
 
Di tempat lain di Pennsylvania Avenue, sejumlah pengunjuk rasa membakar topi "Make America Great Again". Seperti dilansir Reuters, sepuluh ribu aparat penegak hukum telah dikerahkan untuk bersiap mengamankan sejumlah orang, yang berencana memprotes atau merayakan pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS.
 
Sekitar 900.000 orang diperkirakan memadati pusat kota Washington, termasuk National Mall yang menghadap Capitol, tempatpelantikan Trump berlangsung.
 
Sementara itu ribuan orang juga melakukan demo di New York City. Seperti dilaporkan USA Today, sejumlah selebritas seperti Robert de Niro dan Cher terlihat memimpin aksi unjuk rasa tersebut. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,